Makanan untuk orang diabetes-kutubaca.com

5 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh untuk Orang Diabetes

Health

Pergantian musim biasanya membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun. Apalagi pada orang dengan diabetes, yang sistem imunitasnya mungkin tidak seperti orang sehat.

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal adalah lewat pola makan. Orang dengan diabetes harus memilih dengan cermat makanan yang dikonsumsi agar tetap sehat sekaligus mengendalikan kadar gula darah tetap pada ambang normal.

Tanpa berlama lagi, berikut ini adalah beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi orang dengan dengan diabetes, demi sistem kekebalan tubuh yang tetap prima.

1. Jamur

Menambahkan olahan jamur ke dalam menu makanan merupakan langkah yang tepat untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Jamur kaya akan antioksidan dan terbukti dalam mencegah virus, bakteri, dan menangkal tumor. Melansir laman BioMed Central, jamur meningkatkan produksi sitokin yang dapat melawan infeksi.

Jenis jamur yang ada di pasaran cukup beragam dan memiliki manfaatnya tersendiri. Misalnya, untuk mencegah flu, jamur maitake, shitake, dan reishi bisa dikonsumsi.

2. Jahe

Sering dikonsumsi pada saat batuk, jahe juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada orang-orang dengan diabetes.

Jahe digunakan sebagai agen antiinflamasi serta dapat memecah racun yang menumpuk di dalam tubuh. Pasien diabetes bisa meminum rebusan jahe, lalu ditambahkan dengan perasan lemon dan madu secukupnya.

3. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin C diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan imunitas. Kandungan vitamin C yang tinggi biasa kita temukan pada buah-buahan, seperti jeruk. Melansir Healthline, buah-buahan sitrus mengandung lebih dari 8.000 senyawa flavanoid, dan sebagian besar kalium, serat, dan asam folat yang baik untuk tubuh.

4. Makanan yang difermentasi

Makanan fermentasi seperti tempe, kimchi, miso, dan yoghurt mengandung probiotik yang tinggi. Kandungan probiotiknya melindungi tubuh dari penyakit.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik akan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik di usus akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan respons sistem kekebalan.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Melansir Medical News Today, vitamin E adalah nutrisi penting lainnya yang berperan dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Vitamin E tersebar luas dalam makanan, misalnya pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Misalnya, biji bunga matahari, almon, dan hazelnut.

Selain menjaga kekebalan tubuh. kacang dan biji-bijian mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kelima makanan di atas aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, porsinya tetap tak boleh berlebihan. Untuk panduan makan yang lebih menyeluruh, pasien diabetes bisa konsultasi ke dokter atau ahli gizi agar lebih sesuai dengan kondisi tubuh.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga : Waspada Gejala Hipoglikemia, Wajib Tau