Pelatih Timnas Bola

5 Pelatih Tim Nasional Paling Sukses dalam Dekade Ini

Internasional Sport

Dalam sepak bola, kesuksesan sebuah tim sangat dipengaruhi oleh seorang pelatih. Hal tersebut terbukti dalam sepak bola di level internasional. Melatih tim nasional mungkin terlihat mudah, namun sebenarnya pelatih harus memiliki banyak strategi. Mereka mungkin tidak kesulitan mendapatkan pemain karena tinggal memilih siapa yang terbaik untuk negaranya.

Namun, di sinilah peran pelatih, banyaknya pemain berkualitas membuat sang pelatih harus pandai memutar otak. Memilih pelatih dari negaranya mungkin sesuatu yang tepat karena lebih mengetahui karakter pemainnya. Hal itu juga dibuktikan dengan beberapa pelatih yang sukses saat menangani timnas negaranya, khususnya dalam sedekade terakhir. Siapa saja mereka? Berikut kami sajikan ulasannya khususnya yang masih aktif.

1. Joachim Low (Jerman)

Joachim Low adalah salah satu pelatih yang sukses menangani timnas negaranya. Pelatih asal Jerman tersebut terbilang cukup sukses bersama Timnas Jerman. Salah satu yang paling fenomenal adalah saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Der Panser meraihnya saat ditangani oleh Low.

Selain itu, pada tahun 2017 lalu, Low juga mengantarkan Timnas Jerman menjadi juara Confederations Cup. Pelatih yang kini berusia 60 tahun itu telah menangani Timnas Jerman sejak Juli 2006. Hingga kini, ia masih dipercaya menjabat dan memiliki kontrak hingga Juni 2022.

2. Didier Deschamps (Prancis)

Berikutnya ada Didier Deschamps yang saat ini menangani Timnas Prancis. Pelatih yang kini berusia 52 tahun itu telah dipercaya menangani timnas negaranya sejak Juli 2012. Deschamps harus menunggu hingga 6 tahun untuk membawa Prancis meraih trofi. Tepatnya pada ajang Piala Dunia 2018, Deschamps sukses membawa Timnas Prancis menjadi yang terbaik.

Padahal, dua tahun sebelumnya, ia harus tertunduk lesu di partai final. Pada tahun 2016, mereka kalah dari Portugal di final Euro. Hal itu membuktikan jika seorang pelatih, khususnya yang menangani tim nasional membutuhkan proses yang tak sebentar.

3. Tite (Brasil)

Sebagai negara yang memiliki tradisi kuat dalam sepak bola, Brasil tentu saja membutuhkan pelatih yang berkualitas. Pada Juni 2016, Negeri Samba menunjuk Tite sebagai pelatih kepala Timnas Brasil. Ia diharapkan bisa membawa negaranya kembali berjaya di berbagai turnamen bergengsi.

Apalagi, pelatih bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu memiliki prestasi gemilang di level klub. Selain itu, Tite juga bisa memilih talenta terbaik yang tersebar di berbagai klub. Hingga saat ini, dirinya sudah mengantarkan Timnas Brasil menjuarai Copa America pada tahun 2019 lalu.

4. Oscar Tabarez (Uruguay)

Oscar Tabarez adalah pelatih yang sudah cukup lama menangani timnas negaranya, Uruguay. Pelatih yang kini berusia 73 tahun itu telah dipercaya menduduki kursi kepelatihan Timnas Uruguay sejak Maret 2016. Prestasi Timnas Uruguay selama di bawah Tabarez terbilang cukup bagus.

Sejauh ini, Tabarez baru mengantarkan Uruguay menjadi juara Copa America pada tahun 2011. Tak hanya itu, penampilan Uruguay selama ini juga cukup memberi kejutan di berbagai turnamen. Ia juga mengantarkan La Celeste berpartisipasi di ajang Piala Dunia dalam dua edisi terakhir.

5. Fernando Santos (Portugal)

Pelatih terakhir dalam daftar ini adalah sosok yang menangani Timnas Portugal. Pelatih yang dimaksud adalah Fernando Santos yang juga tak kalah berprestasi. Dipercaya menukangi tim Selecao das Quinas sejak September 2014, Santos telah menghadirkan dua gelar ke Portugal.

Gelar pertama adalah Euro 2016 yang membuat Didier Deschamps dan Timnas Prancis tertunduk lesu di partai final. Sementara yang kedua adalah ajang UEFA Nations League 2019. Memiliki sosok Cristiano Ronaldo menjadi keuntungan besar bagi pelatih 66 tahun tersebut. Selain itu, Timnas Portugal saat ini sedang berada dalam era keemasan.

Pelatih-pelatih tersebut juga memiliki keuntungan dengan banyaknya pemain berkualitas dari negaranya. Meskipun demikian, kecerdasan dalam menentukan taktik menjadi kunci utama. Semoga ada pelatih yang bisa membawa Timnas Indonesia berprestasi, khususnya pelatih lokal, ya!

Sumber : idntimes.com