Tips Agar Fokus

5 Sikap Ini Bisa Kamu Ambil Saat Kesulitan Fokus

Lifestyle TipsTrik

Dalam menjalani hidup, akan ada momen di mana kamu benar-benar membutuhkan fokus atau konsentrasi yang sangat tinggi, entah dalam hal belajar, mengerjakan tugas, atau sekedar membaca buku.

Karena hal tersebut terbilang sulit didapatkan, sedikitnya ada lima sikap yang bisa kamu ambil di saat kesulitan untuk fokus atau konsentrasi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Pergi ke tempat yang minim suara atau gangguan

Pada dasarnya, salah satu penyebab utama kamu kehilangan fokus dan konsentrasi adalah suara yang mengganggu, di mana suara tersebut membuat apa yang kamu fokuskan benar-benar pecah begitu saja.

Dalam hal ini, sikap yang bisa kamu ambil adalah pergi ke tempat yang minim suara atau gangguan. Paling tidak, kamu bisa menghindari gangguan demi gangguan untuk beberapa saat.

2. Buat diri kamu sesantai mungkin

Pada umumnya, kehilangan fokus bisa terjadi akibat dari hilangnya kenyamanan kamu dalam melakukan suatu hal. Contohnya posisi duduk, posisi yang kurang nyaman membuat fokus kamu tertuju pada ketidaknyamanan itu sendiri.

Pada akhirnya, sikap yang harus kamu ambil adalah membuat diri sendiri sesantai yang kamu bisa. Bahkan, bersantai membuat fokus kamu dua kali lebih baik dibanding jika penuh dengan kegelisahan.

3. Jika perlu, putar instrumen kesukaanmu menggunakan Earphone

Pada dasarnya, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam memfokuskan diri pada suatu hal. Bahkan, ada juga yang bisa fokus ketika mendengarkan instrumen sebuah lagu dengan menggunakan Earphone.

Mengapa instrumen dan bukan sebuah lagu? Karena lirik dari sebuah lagu kadang kala membuat fokus kita semakin teralihkan. Jika instrumen, kamu bisa menikmatinya tanpa perlu memikirkan hal lain.

4. Mencari kesegaran dengan cara membasuh wajah

Secara garis besar, kurangnya fokus dan konsentrasi bisa diakibatkan oleh kondisi kamu yang tidak baik, entah itu karena malas, lesu, atau bahkan suhu udara yang terlalu panas.

Makanya, sikap yang bisa kamu ambil dalam hal ini adalah mencari kesegaran dengan cara membasuh wajah. Wajah yang terkena cipratan air dapat memberikan kesegaran dan menghilangkan rasa kantuk penyebab hilangnya konsentrasi.

5. Bawa tidur untuk beberapa saat

Ketika situasi yang kamu jalani saat ini benar-benar kacau dan tidak bisa konsentrasi, jalan terakhirnya adalah tidur untuk beberapa saat. Gunakan sedikit waktumu untuk melepas penat selama beberapa menit.

Meski hanya sebatas tidur singkat, fokus kamu bisa kembali seperti semula atau bahkan jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Itu dia deretan sikap yang bisa kamu ambil di saat kesulitan fokus atau konsentrasi. Meski terbilang sederhana, paling tidak ada salah satu cara yang akan berhasil jika diterapkan dengan baik dan sungguh-sungguh.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : idntimes.com