Cara alami menghilangkan sakit gigi-kutubaca.com

7 Cara Alami untuk Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi

Health TipsTrik

Kamu yang pernah sakit gigi, pasti tahu betapa menyiksanya kondisi ini. Makanya, banyak orang yang cepat-cepat ingin mengatasinya dengan berbagai cara. Meski sering kali butuh ke dokter gigi untuk mengobati akar penyebab sakit gigi, tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan nyut-nyutannya.

Tak perlu buru-buru minum obat pereda nyeri, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini untuk meredakan sakit gigi yang sangat mengganggu. Simak, yuk!

1. Berkumur dengan air garam

Melansir Healthline, air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS One tahun 2016, larutan garam yang dipakai untuk berkumur ditemukan dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk menggunakan metode ini, kamu dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan obat kumur. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

2. Bawang putih

Melansir AZ Family Dental, bawang putih dapat meredakan nyeri untuk sementara, tetapi tergantung pada penyebab sakit gigi yang dialami. Misalnya, jika disebabkan oleh gangguan sendi temporomandibular, bawang putih mungkin tidak dapat meredakan sakit sama sekali.

Bawang putih bertindak mirip dengan antibiotik dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyerang gigi.

Penggunaan bawang putih bisa dengan dua cara. Pertama, haluskan satu siung bawang putih dan sedikit garam, lalu oleskan pasta tersebut ke gigi yang cenat-cenut.

Kedua, masukkan satu atau dua siung bawang putih ke dalam muluta dan kunyah. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

3. Menggunakan kompres dingin

Kamu juga menggunakan kompres dingin, terutama jika sakit gigi yang dialami diakibatkan oleh trauma.

Melansir Healthline, kompres dingin akan membuat pembuluh darah di area sakit gigi mengerut, sehingga meredakan nyeri. Selain itu, sensasi dingin juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk melakukan metode ini, tempelkan ice pack atau es batu yang dibungkus handuk bersih ke area yang diserang nyeri selama 20 menit. Kamu bisa mengulanginya setiap beberapa jam.

4. Bilasan hidrogen peroksida

Bilasan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Mengutip laporan dalam Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry tahun 2016, hidrogen peroksida telah terbukti memiliki spektrum aktivitas antimikroba yang luas karena efektif melawan bakteri, jamur, virus, dan spora.

Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida juga dapat mengurangi plak gigi dan menyembuhkan gusi berdarah.

Untuk melakukannya, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan jumlah air yang sama, lalu gunakan untuk berkumur. Pastikan untuk mencampurkan larutan secara menyeluruh dan jangan sampai menelannya.

5. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Mengutip AZ Family Dental, peppermint memiliki khasiat mati rasa yang mirip dengan cengkih, berguna untuk mengobati nyeri. Ada anekdotal yang membuktikan bahwa kantong teh peppermint dapat mengurangi rasa sakit. Namun, tidak ada manfaat jangka panjang.

Kamu bisa menggunakan kantong teh peppermint dengan dua cara. Pertama, tempelkan kantong teh yang sudah dingin tepat di area gigi yang berdenyut. Kedua, masukkan kantong teh ke dalam freezer selama beberapa menit, lalu tempelkan ke gigi. Diamkan setidaknya selama 20 menit.

6. Ekstrak vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang bertindak sebagai pengurang rasa sakit. Selain itu, aromanya pun diyakini dapat menenangkan dan bikin relaks, sehingga bisa membantu meredakan nyeri gigi.

Ekstrak vanila dapat meredakan nyeri gigi untuk sementara, tetapi berlangsung selama beberapa menit dan membutuhkan aplikasi ulang yang sering.

Penggunaannya bisa dengan dua cara. Pertama, oleskan sedikit pada jari dan gosok area gigi dan gusi yang berdenyut. Kedua, oleskan sedikit ekstrak vanili ke kapas bersih dan tempelkan di area gigi yang terdampak. Ulangi 2-3 kali dalam sehari.

7. Minyak cengkih

Cengkih mengandung obat bius alami yang disebut eugenol. Sebuah penelitian dalam Libyan Journal of Medicine tahun 2015 menemukan sifat farmakologis potensial minyak cengkih.

Selain itu, penelitian tersebut juga memberikan dukungan lebih lanjut untuk penggunaan minyak cengkih sebagai pengobatan tradisional untuk meredakan sakit gigi.

Cara menggunakannya, teteskan 1-2 tetes minyak ke kapas, lalu oleskan ke gigi yang berdenyut.

Melansir AZ Family Dental, disebutkan bahwa tidak semua minyak cengkih aman. Minyak ini dikatakan bisa memperparah rasa sakit jika bersentuhan dengan area sensitif lain di mulut.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi untuk sementara waktu, yang bisa kamu lakukan di rumah. Solusi terbaiknya adalah tetap periksa ke dokter gigi untuk mengatasinya sumber masalahnya, sehingga sakit gigi bisa benar-benar teratasi.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga : Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Atasi Demam Berdarah Serta Cegah Kanker