AC Tidak Dingin Kenali Penyebabnya

AC Tidak Dingin Bisa Jadi Karena Kesalahan Ini

Lifestyle TipsTrik

Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan kini banyak digunakan di sebagian rumah. Fungsinya yang dapat memberikan ruangan menjadi sejuk di tengah hawa panas, menjadi salah satu faktor AC kini dibutuhkan oleh sebagian orang. Namun, jika tidak merawat sistem dengan baik, AC dapat terkontaminasi mikroorganisme yang mungkin berbahaya jika terhirup. Terlebih jika seseorang itu menderita masalah asma dan alergi yang membuat semakin berbahaya. Yuk simak lebih lanjut tentang AC Tidak Dingin di bawah ini.

Berikut adalah beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat menggunakan AC rumah, dan beberapa penyesuaian sederhana yang dapat menghemat paru-paru dan dompet Anda. AC Tidak Dingin Bisa Jadi Karena Kesalahan Ini, simak penjelasannya.

AC Tidak Dingin Bisa Jadi Karena Kesalahan Ini :

1. Tidak membersihkan filter

AC harus dibersihkan filternya minimal setiap tiga bulan sekali, atau sesering sebulan sekali jika AC terus berjalan. Jika tidak dibersihkan, filter akan kotor dan menyebabkan aliran udara yang buruk atau pembekuan koil evaporator unit AC. Selain itu, filter kotor dapat menambah 5 hingga 15 persen biaya AC serta memperpendek umur keseluruhan sistem AC. Jika Anda memiliki unit AC “split” tanpa saluran, harus ada panel yang dapat dilepas pada unit Anda yang memungkinkan Anda untuk menyeka filter dengan lap dan tidak perlu diganti.

2. Servis AC

AC yang dijalankan sehari-hari harus diservis setidaknya setahun sekali, hal ini agar menjaga sistem bekerja secara efektif dan tidak cepat merusak AC.

3. Tidak memiliki termostat yang dapat diprogram

Termostat yang dapat diprogram dapat menghemat ratusan tagihan AC tahunan dengan secara otomatis menaikkan suhu pada saat-saat ketika Anda sedang bekerja atau jauh dari rumah. AC dapat dikontrol melalui smartphone dari jarak jauh sehingga dapat memantau apakah AC sudah dimatikan atau ingin dijalankan sesaat sebelum sampai di rumah.

4. Tidak gunakan kipas

Semua jenis kipas, terutama kipas langit-langit, dapat membantu menjaga sirkulasi udara dingin di seluruh rumah Anda. Itu menghilangkan beberapa beban dari sistem AC Anda, pastikan kipas langit-langit Anda berputar berlawanan arah jarum jam selama musim panas, yang meningkatkan aliran udara.

5. Ventilasi dengan posisi buruk

Jika matahari atau lampu di sekitar menyalakan termostat AC dapat memakan waktu lama untuk mendinginkan ruangan. Menghalangi ventilasi AC dengan furnitur atau tirai juga dapat membatasi sirkulasi udara.

6. Tidak memiliki Tirai

Sinar matahari yang cerah adalah musuh utama sistem AC. Dengan menggeser tirai untuk menghalangi sinar matahari, dapat membuat AC bekerja secara maksimal di dalam ruangan.

Nah itulah pembahasan tentang AC Tidak Dingin Bisa Jadi Karena Kesalahan Ini, Semoga Bermanfaat ya.

Sumber : tribunnews.com

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil Nggak Perlu ke Bengkel, Gini Caranya!