Aki Mobil Soak

Aki Mobil Soak Gini Solusinya

Otomotif TipsTrik

Aki mobil atau kendaraan yang lainnya digunakan untuk mensuplai listrik yang nantinya akan membuat komponen dari mobil dapat berjalan optimal dan lancar. Jadi jika aki mobil soak atau rusak maka anda tidak bisa menjalankan mobil. Walaupun terdapat bahan bakarnya tapi kalau akinya rusak komponen mobil kurang berjalan dengan optimal.

Mobil membutuhkan aki agar bisa menyala dan berjalan. Lampu dan komponen listrik lainnya membutuhkan aki sebagai suplai utama agar menyala. Jika aki mobil rusak, akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, aki yang sudah lemah atau aki mobil soak bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Apakah anda sering mengalami aki mobil yang mudah rusak? Apa penyebabnya? Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut anda bisa melihat penjelasannya dibawah ini.

Penyebab dan Solusi Aki Mobil Rusak

Berikut ini beberapa penyebab kenapa aki mobil bisa cepat rusak : 

  1. Mobil digunakan secara terus menerus sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra.
  2. Mobil jarang digunakan atau dipanaskan, sebaiknya gunakan mobil sesuai dengan kapasitasnya.
  3. Usia aki yang sudah lama atau tua sehingga membutuhkan penggantian aki yang baru untuk bisa bekerja dengan optimal.
  4. Penambahan aksesoris yang berlebihan sehingga daya listrik yang digunakan oleh aki terlalu besar melebihi kapasitasnya seperti halnya memang lampu HID atau lampu projector dari bawaan ke modifikasi.
  5. Kapasitas aki mobil yang kecil yang kurang sesuai dengan kelistrikan dari mobil yang dimiliki.
  6. Air aki habis yang butuh pengecekan dan pengisian ulang secara berkala
  7. Sistem Audio. Sistem audio memang membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga kita harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan daya aki tersedot habis, sehingga berpotensi merusak aki mobil sering tekor atau soak.

Baca Juga : Cara Membersihkan AC Mobil Nggak Perlu ke Bengkel, Gini Caranya!

Setelah anda mengetahui beberapa kuruskan dari aki mobil selanjutnya bagaimana Solusi aki mobil soak. Anda bisa melakukan jump start aki. Apa itu jump start aki? Istilah ini digunakan ketika satu mobil membantu mobil yang lainnya untuk buamenyalana aki yang masih tergolong Bagus.

Perlu diketahui juga jika anda melakukan jumpa start perlu mengetahui jumper yang digunakan. Harus mengetahui kutub dari jumper aksi agar tidak boleh bersentuhan ketika sudah direkatkan pada aksi yang masih Selat. Kutub negatif dan positif yang sudah dihubungkan jangan sampai mendapat konduktor yang terhubung dengan tangki bahan bakar agar tidak terjadi letupan. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang sudah profesinya.

Nah itulah Solusi aki mobil soak. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Jangan Sepelekan 5 Fitur Penting Ini di Mobilmu, Bisa Mencegah Kecelakaan Saat Hujan