Atalanta Akhirnya Lolos ke Final Coppa Italia

Atalanta Akhirnya Lolos ke Final Coppa Italia

Sport Trending

Gian Piero Gasperini, pelatih Atalanta, masih menyimpan satu penyesalan di balik kesuksesan Atalanta melenggang ke final Coppa Italia. Atalanta lolos ke final Coppa Italia setelah mengalahkan Napoli di semifinal Coppa Italia, Kamis, 11 Februari 2021 dini hari WIB.

Atalanta mengalahkan Napoli dengan skor 3-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion Gewiss tersebut. Tiga gol yang memenangkan dicetak oleh Duvan Zapata (10′) dan Matteo Pessina (16′ dan 78′). Satu gol balasan Napoli dicetak oleh Hirving Lozano pada menit ke-63.

Atalanta bakal menghadapi Juventus di babak final Coppa Italia. Meski pertandingan final Coppa Italia melawan Juventus amat dinantikan oleh Gian Piero Gasperini, juru taktik klub berjuluk La Dea itu meminta anak asuhnya fokus untuk laga yang lebih mendesak.

“Kami bisa pikirkan laga final nanti,” sebutnya. “Kami punya beberapa pertandingan yang akan datang lebih dahulu seperti melawan Real Madrid (babak 16 Besar Liga Champions-red). Ini bahkan lebih penting,” ucapnya lagi.

Terlepas dari itu, Gian Piero Gasperini tetap puas dengan penampilan anak asuhnya di laga kontra Napoli. Sang pelatih hanya punya satu penyesalan yakni tidak bisa merayakan kemenangan besar itu dengan para suporter.

“Satu-satunya penyesalan adalah tidak merayakan ini dengan mereka (suporter-red). Tetapi, kemenangan ini tanda kami terus berkembang,” tuturnya.

“Kepuasan besar telah saya rasakan dengan kemenangan ini. Kami mendedikasikannya untuk para suporter,” ucapnya.

Menurut Gasperini, tiket final Coppa menjadi penanda lain, kontinuitas positif Atalanta. Pada laga puncak La Dea berhadapan dengan Juventus. Sebuah duel berkelas. Namun Gasperini belum memikirkan final tersebut.

Masih ada banyak pertandingan penting dalam waktu dekat. Semua membutuhkan konsentrasi yang sama. “Nanti saja kami akan memikirkan final. Bagi kami itu sudah menjadi kesuksesan besar,” ujar Gasperini.

Final berlangsung pada pertengahan Mei 2021. Masih tiga bulan lagi.

La Dea sedang menjalani jadwal padat. Setelah ini, Duvan Zapata dan rekan-rekan menuju Serie A Italia.

Cagliari sudah menanti Atalanta. Usai lawatan ke Sardegna Arena, anak-anak kota Bergamo kembali bertemu Napoli.

Kali ini di liga domestik. Selepas grande partita itu, Atalanta tampil di babak 16 besar Liga Champions.

Pada tahapan tersebut, La Dea bertemu Real Madrid. Leg pertama berlangsung di Gewiss Stadium, Bergamo, Kamis (25/2) dini hari WIB.

Jalannya pertandingan

Berbekal hasil imbang tanpa gol di leg pertama, Atalanta dan Napoli bermain menyerang sejak menit awal. Napoli nyaris bikin gol di menit ketiga andaikan sepakan Hirving Lozano tak melebar.

Atalanta lewat serangan berbahaya pertamanya langsung mencetak gol di menit ke-10. Atalanta membangun dengan apik operan dari kaki ke kaki dan berakhir di Duvan Zapata. Diawali dengan beberapa sentuhan, Zapata menuntaskan dengan sepakan keras ke pojok kiri gawang David Ospina. Gol ini makin membuat Atalanta bernafsu menyerang pertahanan Napoli.

Di menit ke-16, Atalanta menggandakan skor 2-0 ketika bola sapuan jatuh di kaki Robin Gosens dan dioper kepada Zapata. Bola terakhir diberikan kepada Matteo Pessina yang menuntaskan lewat sepakan jarak dekat.

Napoli yang tersentak balik menekan Atalanta dengan beberapa kali kesempatan membuat gol. Lozano membuang peluang lagi saat operannya menghampiri Lorenzo Insigne di kotak penalti dan dituntaskan dengan tembakan yang masih menyamping. Atalanta mengancam gawang Napoli di masa injury time babak pertama, namun tembakan Zapata dari kotak penalti masih melayang.

Unggul dua gol membuat Atalanta lebih nyaman menguasai pertandingan di babak kedua. Tapi, Napoli sukses memangkas skor jadi 1-2 pada menit ke-53 ketika Lozano mencocor bola rebounr hasil sepakan pertamanya yang ditepis Pierluigi Gollini. Atalanta mendapat dua peluang beruntun pada menit ke-62 dan ke-63, tapi Ospina mampu mengamankan semuanya. Napoli terus berupaya mencari gol kedua yang bisa menamatkan perlawanan Atalanta.

Di menit ke-67 Josip Ilicic mendapat kans saat bola tembakan kaki kananya mengarah ke gawang yang bisa ditepis Ospina. Setelah itu lahir kemelut di depan gawang dan akhirnya Ospina mampu mengamankannya. Victor Osimhen di menit ke-75 bikin gawang Atalanta nyaris bobol andaikan bola operan Giovanni Di Lorenzo, yang disepaknya tak ditepis Gollini dari jarak dekat.

Atalanta menjauhkan skor lagi jadi 3-1 pada menit ke-78. Zapata menguasai bola dan melihat Pessina menusuk dari belakang. Bola dioper ke Pessina yang menggocek dua bek sebelum mencungkil bola melewat Ospina. Hingga pertandingan tuntas, skor tetap sama dan Napoli selaku juara bertahan kompetisi ini bertahan.

Baca Juga : 5 Pelatih Tim Nasional Paling Sukses dalam Dekade Ini