Hobi yang menghasilkan uang

Beberapa Hobi yang Bisa Jadi Sumber Penghasilan Menjanjikan Untukmu

Hobi Lifestyle TipsTrik

Hampir bisa dipastikan bahwa setiap orang memiliki hobi yang spesifik. Biasanya, beragam kegemaran ini dilakukan di kala senggang untuk menghilangkan stres. Diliput oleh Kompas, sebuah riset dalam publikasi Annals of Behavioral Medicine mengungkap bahwa 34% dari responden yang melakukan kegiatan yang disukai di tengah pekerjaan dan aktivitas sehari-hari merasa bebas stres, dengan indikasi detak jantung yang lebih stabil serta kehadiran perasaan tenang selama berjam-jam.

Dengan tekanan hidup masa kini, hobi mungkin dianggap membuang waktu dan dikesampingkan. Padahal, setiap orang rentan terhadap stress. Healthline memaparkan sejumlah dampak stres terhadap hidup kita, di antaranya meningkatkan kemungkinan adanya penyakit, menyebabkan penampilan terlihat lebih tua, bahkan mengganggu relasi kita dengan orang-orang terdekat.

Walaupun terkesan sederhana, hobi memang memegang peranan penting dalam hidup kita untuk menghadirkan perasaan senang, memberikan waktu bersantai, serta menjadi sarana penyaluran yang sifatnya lebih positif.

Lantas, bagaimana kita menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan hobi?

Tahukah kamu bahwa hobi juga bisa menjadi sumber penghasilan? Dunia kerja saat ini jauh lebih variatif dan mencakup sejumlah bentuk pekerjaan yang dapat diawali dari hobi. Kini, kita tidak harus bingung memilih satu daripada yang lainnya. Beberapa hobi pun bisa menghasilkan cuan yang cukup memuaskan, sehingga kamu dapat menjalankan pekerjaan utama dan mengembangkan hobi sebagai kerja part time atau freelance. Apakah hobi kamu termasuk salah satunya?

Mengubah Kegemaran Menjadi Pekerjaan, Tetap Maupun Lepasan

1. Menulis
Siapa yang sejak kecil suka menulis dalam diary? Kalau kamu memang punya hobi menulis, kegemaran ini bisa kamu manfaatkan sebagai sumber penghasilan. Dengan menjadi penulis, kamu bahkan tidak perlu datang ke kantor dan bisa bekerja di mana saja. Contoh pekerjaan yang bisa mulai kamu lakukan adalah menjadi seorang penulis lepas untuk media atau website tertentu. Nantinya kamu akan diupah per tulisan. Semakin tinggi jam terbangmu, semakin besar juga upah yang kamu dapat. Untuk para penggemar fiksi, kamu juga bisa mulai menulis cerita pendek dan novel atau bahkan menjadi penulis lepas. Seiring dengan perjalanan menulis, kalau kamu mampu menerbitkan berbagai macam buku, baik fiksi maupun nonfiksi di tahun-tahun mendatang, jangan ragu untuk mengirimkannya ke beberapa penerbit. Pasti bangga rasanya jika melihat bukunya mejeng di toko buku!

2. Fotografi
Bagi para pecinta fotografi, ternyata ada lahan uang yang bisa kamu manfaatkan dari hasil jepretan kamu. Nggak percaya? Pertama, kamu bisa menjual karya-karya kamu di beberapa website penyedia layanan stock photo. Kemudian, kamu bisa menjadi fotografer freelance yang menyediakan jasa dokumentasi berbagai momen atau karya penting dalam hidup seseorang, mulai dari fotografer wedding, event, hingga keperluan iklan. Apapun bentuk jasa yang kamu tawarkan, hal yang terpenting adalah kamu menyimpan rapi dengan baik portofolio fotografi yang dimiliki. Agar lebih efektif, kamu bisa menyusun karyamu berdasarkan klien yang berhasil kamu tangani, sehingga portofolio terlihat semakin meyakinkan bagi calon klien baru. Ingat, bayaran fotografer mahal!

3. Melukis
Segala sesuatu yang berhubungan dengan seni pasti memiliki nilai tersendiri. Tidak jauh berbeda dengan menulis atau memotret, melukis juga dapat menghasilkan karya yang mampu menggemparkan dunia serta bernilai hingga ratusan juta rupiah. Kalau memang berbakat dan gemar melakukan kegiatan ini, kamu mampu menghadirkan peluang yang menjanjikan. Coba selipkan kegiatan ini sebagai kerja part time di sela-sela kegiatan utamamu. Melukis tidak hanya menggoreskan cat di atas kanvas, tapi juga mempunyai keindahan dan karakter tersendiri. Melukis merupakan pekerjaan yang butuh kepekaan rasa dan kehalusan sentuhan, sehingga harga karyanya pun bisa menjulang tinggi.

4. Bermain Musik
Jaman dahulu, menekuni karier bermusik mungkin pilihan karier yang tidak masuk akal, namun kenyataan saat ini jelas berbeda. Selain ragam alat musik yang bisa dikuasai, teknologi juga sudah jauh mempermudah pekerjaan para musisi. Buat kamu yang hobi musik, kamu pun bisa menekuninya dengan menghasilkan karya sendiri. Kini, sudah banyak musisi Indonesia yang berhasil sukses dari titik nol berkat karya serta kegigihan dalam mempromosikannya kepada masyarakat. Pintu kesempatan berkarya melalui musik, baik secara profesional atau sebagai pengisi waktu senggang, telah terbuka lebar. Untuk kamu yang lebih suka menghibur pendengar lewat karya orang lain, kerjaan freelance yang bisa dicoba adalah manggung secara reguler di sejumlah kafe atau mal sebagai session player, yang terbukti menjanjikan penghasilan lumayan baik.

5. Memasak
Daripada kemampuan memasak kamu hanya dinikmati oleh kalangan rumah, ada baiknya kamu berpikir untuk membuka usaha kuliner. Di tengah kehadiran pandemi, peluang bisnis di industri makanan rumahan juga bertambah besar, apalagi dengan bantuan media sosial. Tidak perlu berpikir rumit, kamu dapat memulainya dari yang sederhana, misalnya dengan membuat jajanan kecil bervariasi dan menjualnya di daerah kampus atau sekolah. Kreasi masakan kamu bisa juga dititipkan ke penjual kue basah di pasar. Nah, kalau mau berusaha lebih serius lagi, kamu bisa membuka kedaimu sendiri. Sekarang ini sudah semakin banyak pengusaha berhasil dengan usaha kuliner kecil-kecilan yang kemudian berkembang besar.

6. Traveling
Tidak bisa dipungkiri kalau anak muda zaman sekarang sangat suka bepergian atau traveling dengan minat yang begitu beragam, mulai dari camping atau hiking di gunung, pergi ke pantai, atau sekadar berwisata di kota-kota baru. Nah, dengan hobi ini, kamu ternyata bisa mendapatkan penghasilan tambahan! Contoh paling sederhana adalah mengambil pekerjaan menjadi pemandu tur (tour guide) di tempat yang kamu kunjungi. Ini jelas menjadi kesempatan yang menyenangkan, tapi usahakan kamu bisa berbahasa Inggris untuk menjamu turis-turis dari luar negeri secara optimal. Sebagai tambahan, kamu bisa menghasilkan tulisan serta foto-foto dari hasil jalan-jalan kamu, yang kemudian dikirim ke beberapa website atau media untuk dijadikan artikel. Pilihan lain untuk kamu yang hobi berbelanja sekaligus jalan-jalan ke luar negeri adalah membuka jasa titip barang (jastip) pada kerabatmu. Margin yang kamu ambil dari harga barang titipan itulah yang menjadi penghasilanmu. Seru, kan?

7. Desain Grafis
Jangan sia-siakan kemampuanmu yang satu ini. Bagi yang suka mengotak-atik aplikasi Photoshop atau Adobe Illustrator untuk menggambar, jasa desainer grafis sangat dicari di dunia kerja saat ini. Perhatian manusia sehari-hari banyak tertuju ke layar gadget, sehingga persaingan konten visual yang menarik menjadi semakin tinggi. Dengan demikian, serupa dengan jasa fotografi, jasa desainer grafis ini juga memiliki harga yang tinggi. Di sinilah kamu dapat memaksimalkan hobi ini menjadi kerjaan freelance, opsi kerja part time, atau bahkan pekerjaan utama. Dengan merapikan portofolio yang kamu miliki, kamu sudah bisa menawarkan jasa ini pada beberapa calon klien potensial.

8. Menggambar Karikatur dan Komik
Berbeda dengan melukis yang lebih mementingkan unsur keindahan melalui garis dan coretan, membuat karikatur dan komik bisa dijadikan lahan penghasilan dengan lebih banyak peluang. Dalam karikatur atau komik, biasanya ada suatu rangkaian cerita yang ingin digambarkan. Bentuk karyanya yang berharga walau terkesan lebih sederhana ini bisa dicoba dari saat ini tanpa banyak peralatan khusus. Tidak harus menekuninya secara sangat serius, kamu bisa melakukan kerja freelance dengan hobi ini. Misalnya, kamu bekerja sama dengan teman yang pandai dalam merangkai cerita, sementara kamu mengambil peran sebagai ilustratornya. Selain itu, dengan tingkat konsumsi yang tinggi, sudah ada banyak situs yang menghasilkan pundi-pundi uang lewat karya komik ini, contohnya beberapa layanan penyedia webtoon. Pernahkah kamu membayangkan sebelumnya bahwa hobi menggambar iseng dan sederhana dapat membawa penghasilan?

9. Belanja
Bagi para cewek yang suka berbelanja, ternyata kegiatan ini tidak hanya sebatas menghamburkan uang. Sekarang, belanja tidak harus selalu konsumtif, tapi bisa juga produktif! Kamu bisa mengambil manfaat dari sifat gila belanja kamu dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Pertama, kamu dapat menjual kembali barang-barang belanja kamu dengan harga yang lebih mahal. Untuk bisa melakukan hal ini, jangan lupa untuk memilih produk-produk yang berkualitas ketika berbelanja dan menjaga kondisinya selama pemakaian. Kedua, kamu bisa bekerja sama dengan toko offline atau online yang sudah kamu percaya untuk menjadi dropshipper, yang sekarang banyak dilakukan anak muda sebagai kerjaan freelance di waktu luang. Biasanya, mereka akan memberikan harga miring buat kamu yang sudah berlangganan. Terakhir, tentu saja kamu bisa menawarkan jastip jika memang hobi bepergian ke luar negeri.

10. Public Speaking
Banyak bicara bisa jadi sumber pendapatan? Kenapa tidak? Bergosip bisa dijadikan kesempatan mempersiapkan diri untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Bisa jadi jiwa jago ngomong kamu ini berangkat dari hobi bergosip atau membicarakan orang lain. Kebiasaan ini memang dinilai kurang baik, tapi bisa jadi potensi besar jika kita mampu mengarahkannya secara lebih tepat. Coba ambil sisi positifnya. Pertama, kamu harus memiliki skill berbicara yang baik. Dari sini, kamu bisa mendaftarkan diri sebagai seorang pembawa berita entertainment atau berita nasional. Kamu yang punya cara bicara luwes juga bisa mengasah kemampuan ini untuk menjadi host atau pemandu acara, yang perannya penting dalam membawakan suasana menjadi lebih seru dan menyenangkan. Jika dalam perjalanannya kamu merasa pas dengan bidang ini, kamu pun dapat memadukan kemampuan berbicara ini dengan ilmu yang kamu dalami. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan hobi yang kurang terpuji menjadi sebuah pekerjaan dan karier yang profesional.

Nah, inilah sejumlah hobi yang bisa kamu manfaatkan agar menjadi sebuah pekerjaan yang menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama, freelance, maupun kerja part time. Kesebelas hobi di atas begitu mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Akses dan keterhubungan yang kini begitu canggih terbukti membuka lahan uang yang lebih luas bagi kita yang mau mengenali, mencoba, serta mengusahakannya.

Apakah ada satu atau dua yang kamu miliki? Kalau ada, yuk manfaatkan supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tertarik mencoba?

Sumber : qasir.id

Baca Juga : Yakin Uang Tak Berpengaruh Pada Kebahagiaan? Simak Penjelasan Berikut