Cara melacak hp yang hilang

Cara Lacak HP dengan IMEI, Lebih Aman dan Privat

Teknologi TipsTrik

Bagaimana cara melacak HP dengan IMEI agar bisa ketemu? Cara melacak HP dengan IMEI disebut-sebut sebagai salah satu cara melacak HP paling akurat ketika kita kehilangan ponsel.

Setiap handphone yang kita beli secara resmi dan asli pasti memiliki IMEI atau International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 atau 16 digit angka. Nah, fungsi IMEI sendiri adalah sebagai nomor identitas bagi suatu ponsel. Mirip-mirip KTP gitu deh, kalau untuk kita.

Berkat fungsinya ini, kamu jadi bisa mencari HP yang hilang atau dicuri dan membuat telepon genggam tak lagi bisa digunakan oleh orang yang memilikinya sekarang. Gimana caranya? Simak baik-baik, ya.

Cara Mengecek IMEI
Pertama-tama, tentu saja kamu perlu mengetahui nomor IMEI mu terlebih dahulu. Ada 3 cara yang bisa kamu coba, yaitu:

  1. Ketik *#06# di menu Panggilan, nantinya kamu akan langsung mendapat pesan _pop-up_ yang menampilkan nomor IMEI.
  2. Buka menu Settings > About Phone > Status > IMEI.
  3. Apabila kamu masih memiliki kotak HP yang didapatkan saat membelinya, kamu juga bisa melihat nomor IMEI yang tertera. Jika sudah ketemu, masukkan nomor IMEI di situs Kemenperin untuk memastikan bahwa IMEI perangkatmu terdaftar di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Jika kamu memang ingin melacak HP yang hilang menggunakan IMEI, kamu akan memerlukan waktu yang cukup lama lantaran kamu harus mendapatkan surat keterangan dari pihak berwenang.

Untuk apakah surat itu? Nah, surat tersebut akan digunakan sebagai permintaan ke pihak provider telekomunikasi untuk melacak ponselmu yang hilang.

Hal ini dikarenakan setiap ponsel yang memiliki nomor IMEI terkoneksi secara langsung dengan database kartu SIM operator yang kamu gunakan.

Tentu saja cara melacak handphone lewat IMEI ini akan melibatkan beberapa pihak sehingga kamu harus sabar dengan prosesnya, tapi bisa dikatakan bahwa cara ini aman karena data privasimu akan lebih terjaga.

Ingin mencoba solusi ini? Yuk, simak caranya berikut!

  • Pastikan kamu telah mengetahui nomor IMEI handphone mu.
  • Telepon pihak operator seluler dan beritahukan bahwa kamu telah kehilangan handphone dan ingin melacaknya menggunakan IMEI, nanti kamu akan diminta untuk membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  • Hubungi kepolisian setempat dan minta surat yang diperlukan.
  • Telepon call center dari provider telekomunikasi yang kamu gunakan, kamu juga dapat mengunjungi gerainya secara langsung.
  • Informasikan nomor IMEI dan nomor ponsel kepada customer service.
  • Kamu akan mendapatkan lokasi tempat HP mu berada.

Ada hal yang perlu kamu ingat, yaitu hal ini hanya dapat dilakukan apabila HP yang hilang memiliki koneksi internet, GPS, ponsel dalam kondisi aktif, dan kartu SIM masih ada.

Apabila kartu SIM sudah diganti oleh pelaku yang memiliki HPmu saat itu, lokasi ponsel juga tidak akan bisa diketahui.

Alternatif Selain Cara Melacak HP Menggunakan IMEI

Sudah membaca langkah-langkah mencari HP bermodalkan IMEI di atas tapi merasa caranya terlalu ribet untuk dilakukan?

Tenang, Jaka punya pilihan lain untuk kamu yang ingin melacak HP dengan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan aplikasi Find My Device.

Ada beberapa keunggulan dari cara ini, yaitu:

  • Mengetahui lokasi HP
  • Dapat mengunci ponsel dari jarak jauh
  • Bisa menghapus semua data yang ada di HP secara manual
  • Dapat digunakan oleh pengguna Android dan iPhone

Itulah cara melacak HP dengan IMEI yang sebenarnya sangat aman, hanya saja kamu memang perlu melakukan usaha lebih untuk melakukannya.

Kalau kamu ingin solusi yang sederhana, silakan coba menggunakan aplikasi Find My Device seperti yang sudah dijelaskan, ya.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : jalantikus.com