Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Baik Agar Tidak Terbuang Percuma

Islam TipsTrik

Waktu adalah salah satu diantara nikmat Tuhan yang paling berharga bagi kita semua. Waktu cepat berlalu dan apabila orang sadar akan cepatnya waktu berlalu, maka orang-orang yang mengerti tidak akan menyia nyiakan waktu nya dan akan menggunakan nya dengan sebaik mungkin dan sebijak mungkin untuk hal yang bermanfaat.

Dari Abdullah Ibnu Mas’ud RA bahwasanya dia berkata: “Tidaklah aku menyesali sesuatu, seperti penyesalanku atas suatu hari yang berlalu dengan terbenamnya matahari, semakin berkurang umurku tetapi tidak bertambah amalanku.”

Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Baik

Waktu ibarat anak panah yang melesat dengan cepatnya. Waktu yang lewat tak pernah kembali. Banyak orang berpikir bahwa ketika kita melakukan kesalahan di usia muda, akan bertaubat jika usianya sudah tua. Dia optimis masih punya kesempatan untuk memperbaiki kesalahan di usia tua. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak ada seorang pun yang tahu sampai kapan ia hidup.

Waktu adalah harta yang sangat mahal. Waktu lebih mahal dari uang. Hasan Al-Banna mengatakan suatu nasihat bahwa “waktu adalah kehidupan”. Jangan sampai usia kita hanya kita manfaatkan untuk tidur dan bermalas-malasan. Lakukan aktivitas positif untuk menghargai waktu. Kita diberi waktu sama tapi pemanfaatan terhadap waktu seseorang berbeda.

Karena itu jangan sia-siakan waktu, manfaatkanlah segera:

  1. Waktu muda sebelum datangnya tua
  2. Waktu sehat sebelum datang sakit
  3. Waktu kaya sebelum datangnya miskin
  4. Waktu luang sebelum datangnya sempit
  5. Waktu hidup sebelum datangnya mati

Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan baik amalannya, dan sejelek-jeleknya manusia adalah orang yang diberi panjang umur dan jelek amalannya.” (HR. Ahmad)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Barzah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam pada hari kiamat sebelum ditanya tentang 4 perkara : Tentang umurnya untuk apa ia habiskan, masa mudanya untuk apa ia gunakan, hartanya dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan, dan ilmunya, apa yang diamalkannya.” (HR. Tirmidzi)

Berikut beberapa tips dalam memanfaatkan waktu kita:

1. Pastikan Perbuatan Kita adalah Amal Sholeh

Kita harus yakin bahwa perbuatan yang kita rencanakan dan kita lakukan adalah perbuatan yang diperintahkan oleh Nya dan tidak dilarang oleh Nya.

2. Buatlah Agenda Harian

Buat sehari sebelumnya (sebelum tidur malam), atau pagi-pagi. Buatlah tabel jadwal harian beserta jam-jamnya. Lebih baik lagi jika dibuat berdasarkan rencana agenda tahunan, bulanan dan mingguan.

3. Hindari Menunda-nunda Pekerjaan

Usahakan setiap pekerjaan yang sudah kita rencanakan diselesaikan dengan baik. Jangan sampai menunda suatu pekerjaan yang penting dan menggantinya dengan pekerjaan yang kurang penting.

Menunda pekerjaan penting akan membuat kita kehilangan waktu untuk mengerjakan yang lain. Selanjutnya pekerjaan yang menumpuk akan mengurangi konsentrasi kita.

4. Disiplin dalam Target Waktu Penyelesaian Pekerjaan

Buatlah catatan tugas-tugas bermanfaat yang harus dikerjakan. Tingkatkan kecepatan dan ketepatan kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Setiap muslim sebenarnya telah terlatih disiplin dalam melaksanakan sholat wajib 5 kali sehari, shaum romadhon sebulan penuh, sholat ‘id setahun sekali, dll.

5. Manfaatkan Jadwal Kosong

Jika ada waktu kosong, kita harus menjauhi perbuatan dan perkataan yang sia-sia (QS Al Mu’minun: 3). Isilah dengan aktivitas bermanfaat seperti menghafal Al-Quran, buku, ibadah sunnah, dan lainnya.

6. Mengerti Prioritas

Ketika terdapat beberapa pekerjaan yang bersamaan waktunya, tentukan prioritas mana yang lebih penting dilakukan dan mana yang sebaiknya kita kita tunda atau tinggalkan.

7. Koreksi Kesalahan yang Telah Dilakukan

Sebelum kita membuat jadwal untuk besok pagi, koreksi kesalahan yang telah dilakukan hari ini. Evaluasi apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Hal ini harus diselesaikan untuk mencegah kesalahan serupa terjadi lagi. Kita harus berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

8. Berani dan Tegas

Belajar untuk berkata tidak, untuk menghindari hal hal yang dirasa kurang atau tidak penting dan mampu menolak ajakan kepada aktivitas yang kurang bermanfaat atau bahkan yang bisa menjerumuskan kita ke dalam perbuatan yang dilarang Nya.

9. Berhitung Pahala dan Dosa

Kita mengatur waktu sedemikian rupa agar apa yang kita lakukan sekarang memiliki manfaat jangka panjang. Pertimbangan seorang muslim adalah kebaikan dunia dan akhirat. Nabi bersabda: “Orang yang cerdas adalah orang yang mampu mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian”.

10. Kreatif

Tingkat kreatifitas seseorang menunjukkan kepiawaiannya dalam mengisi waktu hidupnya sehingga terjadi perubahan dan perbaikan kualitas hidup. Orang-orang kreatif tidak akan kebingungan harus berbuat apa saya ini? Atau apa yang dapat saya lakukan? Sehingga orang yang kreatif akan terhindar dari perasaan sia-sia.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk hal kebaikan. Amin

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga: Hubungan Relasi Antara Uang dengan Kebahagiaan Hidup