Membersihkan AC Mobil

Cara Membersihkan AC Mobil Nggak Perlu ke Bengkel, Gini Caranya!

Otomotif TipsTrik

Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel rasanya menjadi suatu hal yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil. Pasalnya, dengan begitu kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membersihkan AC mobil di bengkel.

Seperti yang diketahui, biaya yang akan kamu habiskan jika membersihkan AC mobil di bengkel itu cukup lumayan besar. Sedangkan, jika kamu membersihkannya sendiri, kamu hanya perlu merogoh kocek yang tidak banyak.

Lantas, bagaimana cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel? yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Letakkan Mobil di Tempat yang Aman
Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang perlu kamu lakukan pertama adalah dengan menempatkan mobil di tempat yang aman. Kamu harus memastikan bahwa tempat tersebut merupakan tempat yang bersih dan tidak berdebu.

Hal tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk kamu perhatikan. Sebab, tempat berdebu hanya akan memberikan sirkulasi udara yang kurang baik untuk mobil.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan kebersihan lokasi, agar udara yang masuk ke dalam kabin mobil bersih dan sirkulasi udara menjadi lancar.

Setelah mobil sudah berada di tempat yang aman, kamu bisa mulai menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, mulai dari sikat gigi, brush, cairan pembersih mobil, tissue ataupun lap kering yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan AC mobil.

2. Menemukan Lokasi Blower
Setelah lokasi mobil sudah aman dan peralatan yang dibutuhkan sudah siap, maka cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang selanjutnya adalah menemukan lokasi blower.

Biasanya, saluran udara blower terletak di bagian glove box, atau yang biasa dikenal dengan laci yang terdapat di sisi dasbor.

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka glove box tersebut menggunakan obeng plus (+).

Setelah glove box terbuka, kemudian kamu akan menemukan filter AC yang berbentuk persegi panjang.

Kamu bisa mengambil filter tersebut untuk mencari tahu posisi blower, apakah terletak di bagian atas atau bagian bawah.

Cara untuk mengetahui posisi blower pun sangat mudah, yaitu kamu cukup meraba-raba filter AC yang telah kamu ambil sebelumnya.

3. Periksa Kondisi Filter AC
Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang ketiga, yaitu memeriksa kondisi filter AC. Setelah kamu mengambil filter AC pada tahap sebelumnya, kamu bisa melihat bagaimana kondisi filter AC tersebut, apakah masih baik atau sudah kotor.

Apabila kondisi filter AC mobil mu tidak begitu kotor, kamu hanya perlu membersihkannya saja. Kamu bisa menggunakan sikat biasa untuk menyikat permukaan filter AC yang kotor tersebut hingga bersih.

Pasalnya, dengan membersihkannya menggunakan sikat, maka debu-debu kotor tersebut akan turun dan rontok semua.

Namun, jika kondisi filter AC mu sudah sangat kotor, maka alangkah baiknya jika kamu mengganti filter tersebut. Sebab, debu-debu yang terletak pada filter akan sangat sulit dibersihkan.

4. Letakkan Cairan Pembersih AC Mobil di Sisi Blower
Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang keempat adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih mobil. Kamu bisa mendapatkan cairan ini di bengkel atau pun e-commerce yang menjualan perlengkapan atau pun aksesoris mobil.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu cairan pembersih AC mobil tersebut. Pastikan jika cairan pembersih yang kamu miliki berjenis foam yang dikemas dalam bentuk spray.

Sebab, cairan pembersih mobil dalam bentuk spray akan lebih mudah kamu gunakan. Di mana, kamu hanya perlu mengocok kaleng tersebut agar semua kandungan dalam cairan tersebut tercampur rata.

Setelah itu, letakkan spray ke dekat sisi blower AC dengan posisi moncong atau penyemprot mengarah ke blower.

Dengan posisi seperti itu, maka cairan pembersih AC mobil dapat menyemprotkan cairannya tepat sasaran.

5. Nyalakan AC Mobil
Menyalakan AC mobil menjadi bagian dari cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang perlu kamu lakukan, sesaat setelah meletakkan cairan khusus pembersih AC mobil di sisi blower.

Kamu bisa menyalakan AC mobil selama kurang lebih lima menit. Hal tersebut berguna agar embun dapat keluar dari permukaan evaporator, sehingga dapat membasahi permukaan evaporator tersebut.

Sejatinya, evaporator merupakan komponen AC dengan berbentuk seperti radiator. Di mana, evaporator sendiri memiliki fungsi sebagai pengurai freon ke selang-selang kecil, yang berguna untuk mendinginkan suhu mobil dan menjaganya agar selalu dingin.

Dengan menyalakan AC, maka proses pembersihan evaporator pun semakin mudah. Terlebih, jika kamu menggunakan AC dengan kecepatan paling tinggi, hembusan udara yang keluar pun akan lebih maksimal.

6. Semprotkan Cairan Pembersih AC Mobil ke Blower
Langkah keenam yang perlu kamu lakukan adalah menyemprotkan cairan pembersih AC mobil ke blower. Kamu baru bisa melakukan tahap ini setelah AC sudah dinyalakan selama kurang lebih lima menit.

Setelah itu, kamu bisa mengarahkan selang cairan pembersih AC melalui filter AC ke bagian blower. Jika sudah mengarah dengan benar, kemudian kamu semprotkan cairan tersebut secukupnya, sekitar 2-3 kali semprot.

Apabila kamu ingin hasil yang maksimal, kamu bisa menyemprotkannya sampai habis. Selanjutnya, cairan tersebut akan menyebar ke permukaan evaporator dengan bantuan embun yang sudah terbentuk sebelumnya.

Jika cairan pembersih AC sudah menyebar rata, kamu bisa melihat dari lubang ventilasi kolong mobil, terdapat gelembung-gelembung busa atau foam yang terbentuk dari cairan yang tadi disemprotkan.

Busa-busa tersebut nantinya akan keluar sampai habis melalui ventilator AC mobil. Proses pembersihan tersebut akan berjalan selama kurang lebih 10-15 menit.

7. Bersihkan Selang Ventilasi AC
Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang ketujuh adalah membersihkan selang ventilasi AC. Pasalnya, pembuangan kotoran akan berjalan lancar apabila selang ventilasinya tidak tersumbat.

Kamu bisa memeriksa sekaligus membersihkannya menggunakan lidi tumpul. Caranya yaitu dengan, memasukkan lidi tumpul tersebut ke dalam selang ventilasi AC.

Kemudian, tusuk-tusuk hingga selang tersebut bersih dan tidak ada kotoran apapun yang menyumbat.

Jika selang ventilasi AC sudah selesai diperiksa, selanjutnya kamu bisa menunggu sampai semua kotoran bersih ada suhu AC perlahan kembali dingin seperti semula.

Namun, apabila suhu AC ternyata tidak kembali dingin, berarti terdapat kerusakan pada sistem AC dan kamu harus membawanya ke bengkel mobil.

8. Pasang Kembali Filter AC dan Dasbor ke Posisi Semula
Cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel yang ke delapan adalah memasang kembali filter AC dan dasbor ke posisi semula. Namun sebelum memasangnya kembali, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa filter udara tersebut sudah bersih.

Jangan sampai masih ada sisa-sisa kotoran yang menempel pada filter, sebab itu akan membuat permukaan dari evaporator menjadi kotor kembali.

Kemudian, jika filter sudah dipastikan bersih dan sudah kamu pasang. Selanjutnya, kamu bisa memasang kembali glove box atau laci dasbor ke posisi semula, dengan cara yang sama seperti kamu membuka dasbor. Dengan begitu, AC sudah siap digunakan seperti sedia kala.

Faktor Penyebab AC Cepat Kotor

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel, kini saatnya kamu mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan AC menjadi cepat kotor.

Oleh karena itu, di bawah ini merupakan empat faktor penyebab AC menjadi cepat kotor, di antaranya yaitu:

1.Mematikan Mesin Mobil saat AC Menyala
Mematikan mesin mobil saat AC menyala rupanya menjadi salah satu penyebab AC cepat kotor. Bagaimana tidak? Dengan mematikan mesin mobil saat AC masih menyala, menyebabkan AC mobil juga otomatis menyala saat kamu ingin kembali menyalakan mobil.

Dengan begitu, kerja aki atau accu akan dua kali lebih keras dari biasanya. Pasalnya, dalam kondisi AC mati saja, aki atau accu akan bekerja sangat keras saat mobil dinyalakan.

Maka dari itu, ketika kamu mematikan mobil saat AC menyala, hal tersebut hanya membuat kemampuan kerja aki atau accu menjadi tidak optimal.

Terlebih, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal tersebut jika tanpa sadar kamu lakukan terus menerus, akan mempengaruhi listrik AC dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kerusakan.

2.Menyalakan AC dengan Jendela Terbuka
Faktor selanjutnya yang menyebabkan AC menjadi cepat kotor adalah dengan membiarkan jendela terbuka ketika AC sedang menyala. Hal-hal semacam itu sebisa mungkin dihindari. Sebab, akan mengakibatkan AC menjadi lebih cepat rusak.

Cepat rusaknya AC sudah pasti disebabkan oleh kompresor yang akan bekerja lebih berat, dalam membuat suhu ideal di dalam kabin atau ruangan mobil.

3.Penggunaan Parfum Mobil Bentuk Gel
Faktor berikutnya adalah penggunaan parfum mobil berbentuk gel. Sebagian di antara kamu mungkin tidak akan berpikir, kalau parfum mobil nyatanya mampu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan AC cepat kotor.

Pasalnya, jika kamu menggunakan parfum mobil bentuk gel, nantinya gel tersebut akan berubah menjadi gas dan menguap lalu menyebarkan aromanya ke seluruh ruangan di mobil.

Kemudian uap tersebut akan terkena dingin AC, maka ia akan berubah kembali menjadi gel. Jika sudah seperti itu, gel tersebut sudah pasti berisiko menghambat evaporator beserta filternya.

4.Merokok di Dalam Mobil
Nah, faktor terakhir yang menjadi penyebab AC cepat kotor adalah dengan merokok di dalam mobil. Sebab, filter AC akan menjadi cepat kotor apabila terkena debu dan asap rokok. Dengan begitu, suhu dan udara yang dihasilkan AC pun menjadi kurang maksimal.

Nah, beberapa cara membersihkan AC mobil tanpa ke bengkel beserta faktor-faktor penyebab AC menjadi cepat kotor sudah kamu ketahui di atas.

Cara-cara tersebut bisa kamu jadikan referensi atau pun panduan, untuk kamu yang ingin mencoba membersihkan AC mobil sendiri.

Sebab, membersihkan AC mobil sendiri memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menghemat waktu.

Pasalnya, jika kamu membersihkan AC mobil di bengkel, itu akan memakan waktu sampai satu hari.

Sedangkan, jika kamu membersihkannya sendiri, kamu hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Bagaimana, sangat efisien bukan?

Semoga Bermanfaat.

Sumber : cekaja.com