Cara Menaikan Trafik Website Terbaru 2021-kutubaca.com

Cara Menaikan Trafik Website Kamu Dijamin Ampuh

Teknologi TipsTrik

Kebanyakan pemilik website memiliki tujuan yang sama untuk blog dan website mereka yaitu untuk menaikan trafik website mereka. Cara Menaikan Trafik Website pun ada tips dan triknya nggak sembarangan ya.

Saat ini, internet benar-benar penuh dengan berbagai macam konten. Pemilik website harus memastikan bahwa mereka bisa ada di posisi atas di antara website dan blog lainnya sehingga mereka bisa mendapatkan traffic yang stabil di website mereka. Lalu bagaimana Cara Menaikan Trafik Website kamu, Simak dulu sebaiknya penjelasanya di bawah ini ya.

Sebelum lebih lanjut, Apa itu Trafik ?

Trafik website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut.

Ketika seseorang mengunjungi website Anda, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain Anda. Nantinya angka-angka ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa populernya website Anda.

Mengapa trafik itu penting ?

Kalau website Anda tidak dikunjungi oleh banyak orang, website Anda terancam akan tenggelam di antara website-website lain di internet.

Setiap website membutuhkan trafik. Seberapa pun bagusnya website Anda, jika pengunjungnya sedikit, website dan bisnis Anda mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, website Anda akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Perbedaan Tipe Trafik

Pertama, Anda perlu mengetahui berbagai jenis untuk memvisualisasikan langkah-langkah yang perlu Anda ambil. Ada dua jenis traffic yang perlu Anda ketahui, yaitu traffic organik dan berbayar.

Istilah “traffic organik” mengacu pada pengunjung situs yang berasal dari mesin pencari seperti Google atau Bing.

Di sisi lain, pengunjung yang dianggap sebagai traffic berbayar adalah mereka yang mampir di situs Anda melalui iklan (seperti Google Adwords dan Facebook Ads), link yang dipromosikan, dan metode berbayar lainnya.

Statistik telah membuktikan bahwa 51 persen dari seluruh traffic website didapatkan secara organik. Jumlah ini membuat banyak pemilik situs berlomba untuk mengoptimalkan SEO website mereka secara maksimal. Lagi pula, siapa yang tidak menyukai metode yang gratis dan menguntungkan?

Tapi, traffic organik adalah investasi jangka panjang. Mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari adalah kompetisi yang sulit. Anda mungkin tidak melihat hasil yang signifikan selama berbulan-bulan, terutama jika niche situs Anda adalah industri yang ramai.

Jika ingin melihat hasil langsung, Anda dapat memanfaatkan traffic berbayar. Anda dapat mengaturnya dalam beberapa menit dan menerima traffic di hari yang sama.

Banyak layanan iklan yang juga menawarkan berbagai opsi penargetan. Anda dapat memilih siapa yang melihat iklan Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, dan kriteria lainnya.

Mendapatkan hasil instan memang menyenangkan, tetapi bersiaplah untuk menghabiskan banyak uang jika memilih iklan berbayar. Biaya iklan dapat membuat kantong Anda jebol, terutama di pasar tertentu di mana ada banyak persaingan.

Cara Meningkatkan Trafik Website Anda

Berikut ini adalah cara meningkatkan traffic yang harus diperhatikan untuk website Anda.

Optimasi SEO

Mengoptimalkan website Anda untuk SEO berarti membuat situs Anda lebih cocok untuk mesin pencari dan pengunjung. SEO yang digunakan dengan baik akan meningkatkan peringkat website Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara sederhana untuk mengoptimalkan website Anda adalah dengan melakukan riset kata kunci untuk konten Anda. Anda akan tahu apakah ada banyak orang yang mencari kata kunci tertentu dan seberapa tinggi persaingannya.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan kata kunci mana yang ingin Anda gunakan yang dapat peringkat baik di mesin pencari. Ada banyak tool untuk melakukan langkah ini, yang paling populer adalah Google Keyword Planner. Anda dapat menemukan ide kata kunci atau melihat metrik historis (pencarian bulanan rata-rata, kompetisi, dll).

Setelah Anda tahu kata kunci apa yang ingin Anda gunakan, saatnya untuk mengoptimalkan website Anda. Proses optimisasi dapat dibagi menjadi dua kategori :

  • Off-site SEO mengacu pada apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan website Anda – seperti link building, marketing media sosial, social bookmarking, dan banyak lagi.
  • On-site SEO adalah tindakan mengoptimalkan berbagai bagian website Anda, termasuk kontennya.

Saat membuat konten untuk website Anda, pastikan untuk fokus pada on-page SEO terlebih dahulu. Bagaimanapun, website Anda harus terlihat hebat sebelum memasarkannya kepada orang lain, bukan? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan on-page SEO Anda:

  • Title tag – buat judul yang menarik dengan kata kunci Anda di dalamnya. Itu harus sekitar 70 karakter atau kurang.
  • Meta description – adalah deskripsi singkat dari halaman web yang ditampilkan di SERP. Seperti title tag, tag ini harus berisi kata kunci utama sehingga mesin pencari dan manusia dapat memahami isi halaman Anda.
  • Header tag – memecah konten Anda menjadi bagian yang mudah dibaca dengan menggunakan tag header (H1 hingga H6).
  • Alt text – digunakan untuk mendeksripsikan gambar di web. Alt text membantu crawler mesin pencari untuk memahami gambar. Tool screen-reading juga menggunakan teks ini untuk menjelaskan gambar kepada orang tuna netra.

Headlines
Headlines atau judul artikel adalah elemen penting dalam sebuah konten. Headlines adalah hal pertama yang menarik perhatian orang-orang untuk membaca konten website Anda, terutama jika Anda membagi konten Anda ke media s-osial.

Pastikan headlines yang digunakan menarik perhatian dan menggambarkan dengan jelas isi dari konten tersebut.

Long-tail keywords
Salah satu cara untuk membawa traffic ke website Anda adalah dengan memastikan Anda fokus memilih long-tail keywords. Pastikan keyword yang digunakan relevan dan berhubungan dengan topik setiap post Anda.

Konten yang berkualitas
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten yang tepat dan berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan traffic website.

Perlu diperhatikan bahwa konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif sehingga perlu dilakukan riset yang mendalam. Hal ini untuk memastikan bahwa isi konten terperinci, menarik, dan unik.

Anda juga bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video, dan infografik untuk membuat konten yang menarik. Artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif.

Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam membuat konten :

  1. Hindari ‘salin-tempel’ dari artikel milik orang lain
  2. Gunakan sinonim sehingga Anda tidak menggunakan kata yang sama berulang kali
  3. Hindari pembahasan mengenai hal-hal yang tidak berhubungan dengan inti artikel
  4. Buat artikel yang profesional
  5. Konten yang berkualitas juga dapat membantu linking root domain.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, linking root domain adalah jumlah backlinks unik yang diterima oleh website Anda. Akan lebih baik jika Anda menerima backlinks dari 100 website yang berbeda dibanding dengan mendapatkan 200 backlinks dari satu website yang sama. Jika konten Anda dianggap berkualitas oleh banyak orang, dijamin Anda akan mendapat banyak backlinks dari berbagai website. Anda pun dapat membuat backlink yang berkualitas untuk itu.

Jika Anda ingin membuat konten yang lebih menarik, Anda bisa menambahkan multimedia di post Anda seperti gambar, infografik, dan video.

On Page SEO

Jangan lupa untuk mengaplikasikan teknik-teknik On Page SEO sebagai cara meningkatkan traffic secara organik. Apakah anda sudah menggunakan keyword yang tepat? Apakah Anda sudah menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang disertakan di post Anda? Apakah Anda sudah memasukkan external dan internal link? Bagaimana dengan meta descriptions?

On Page SEO tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih merupakan salah satu hal terpenting untuk meningkatkan traffic website Anda.

Internal Linking

Internal linking adalah link dari satu halaman website menuju halaman lain di website yang sama. Perlu diperhatikan bahwa untuk internal linking, hanya gunakan link post dari website Anda yang isinya masih berhubungan dengan artikel yang akan Anda unggah.

Internal linking menjadi cara meningkatkan traffic yang baik karena membantu Google untuk menjelajahi halaman website Anda. Internal linking juga memungkinkan para pengunjung website untuk menemukan informasi yang terkait dengan apa yang mereka baca. Hal ini dapat meningkatkan durasi pengguna saat menjelajahi website Anda.

Internal linking sendiri adalah salah satu teknik on-page SEO yang sangat penting karena mereka akan membantu crawler mesin pencari untuk mencari konten dan menjelajahi website Anda. Inter linking juga membantu meningkatkan page authority dan memperbolehkan pengguna untuk menjelajahi website dengan lebih mudah.

Guest-blogging

Guest-blogging adalah salah satu cara meningkatkan traffic website yang bisa digunakan. Yang dimaksud dengan guest-blogging adalah menulis konten untuk website atau blog yang sudah terkenal. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic blog atau website dan sekaligus membangun brand Anda.

Namun Anda harus berhati-hati dan memastikan bahwa konten guest-blogging Anda berkualitas. Dalam membuat konten guest-blogging, pastikan bahwa konten tersebut kreatif dan sesuai dengan niche blog tersebut.

Hindari link stuffing atau memasukkan banyak link sekaligus ke dalam artikel Anda untuk menambah traffic website karena Anda bisa dikenakan penalti.

Selain guest-blogging, Anda juga bisa menulis untuk media lain seperti koran atau majalah yang berhubungan dengan topik website atau blog Anda. Jangan lupa menyebutkan website dan blog Anda karena menulis untuk media ternama membuka kesempatan untuk meraih lebih banyak pembaca.

Rutin menerbitkan konten

Banyak orang sering bertanya seberapa sering saya harus menerbitkan konten di blog? Jawabannya adalah Anda harus menerbitkan konten baru secara rutin. Rutin menerbitkan konten adalah salah satu langkah untuk menjamin bahwa website Anda selalu up-to-date.

Menulis secara rutin bukanlah hal yang mudah sehingga banyak bloggers dan pemilik website yang tidak konsisten dalam menerbitkan konten baru. Hal ini menyebabkan fluktuasi di domain authority mereka. Traffic website akan meningkat jika Anda rutin menerbitkan konten.

Rutin menulis dan menerbitkan konten juga membantu meningkatkan page rank website Anda. Anda juga akan memiliki banyak konten untuk interlinking. Pada dasarnya, semakin rutin Anda menulis dan menerbitkan konten baru, website Anda akan menerima lebih banyak traffic website.

Gunakan Media Sosial

Situs media sosial adalah tool yang ampuh untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Jika Anda menggunakannya dengan bijak dan efektif, pengunjung segera datang membanjiri situs Anda.

Pertama, selalu pastikan bahwa konten Anda mudah dibagikan. Orang suka berbagi posting menarik yang mereka temukan di internet ke teman dan juga keluarga. Jangan lewatkan kesempatan ini dan sematkan tool social sharing di posting blog Anda.

Namun, jangan duduk saja dan menunggu orang-orang membagikan konten Anda. Anda adalah orang yang perlu aktif dan menjangkau audiens baru. Setiap kali Anda mengunggah konten baru, bagikan konten tersebut ke berbagai jejaring sosial. Anda tidak dikenakan biaya apa pun dan secara signifikan dapat meningkatkan traffic ke website Anda.

Berikut beberapa kiat untuk mempromosikan konten Anda di situs media sosial:

  1. Tambahkan elemen visual – orang akan lebih cenderung mengklik posting yang menarik secara visual.
  2. Gunakan hashtag (tagar) – tagar membuat posting Anda lebih mudah ditemukan oleh orang yang mencari kata kunci tertentu.
  3. Pilih situs yang tepat – jejaring sosial yang berbeda memiliki target audiens yang berbeda. Orang dewasa kebanyakan menggunakan Facebook, sementara remaja dan orang berusia 20-an cenderung menggunakan Instagram dan Twitter. Cobalah beberapa situs dan lihat mana yang paling cocok untuk website Anda.

Facebook Ads atau Iklan Facebook

Menggunakan iklan Facebook terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan traffic website Anda. 30% marketer berpikir bahwa Facebook adalah platform media sosial yang memberikan ROI (return of investment) iklan digital tertinggi. Berdasarkan biaya rata-rata, Facebook Ads adalah alternatif yang lebih murah daripada iklan mesin pencari. Biaya rata-rata cost-per-click (CPC) di semua bidang industri adalah 1,72 USD, dan Anda yang memutuskan berapa biaya yang ingin Anda belanjakan per hari dan berapa lama iklan berjalan.

Baca Juga : CEO Facebook Mark Zuckerberg Bela Kebijakan Baru WhatsApp yang Kontroversial

Buat Channel Youtube

Anda mungkin pernah menemukan satu atau dua video di pencarian Google. Kemungkinannya, Anda melihat video Youtube karena penelitian menunjukkan bahwa 88% video yang berperingkat di halaman pertama Google SERP berasal dari Youtube. Karenanya, platform video ini dapat menjadi tambang emas untuk mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara untuk mengarahkan traffic adalah dengan memberi tahu pemirsa Anda untuk mengunjungi website Anda dan menjelaskan manfaat yang akan mereka peroleh. Anda dapat melakukannya dengan menuliskan kalimat singkat seperti “Cek kutubaca.com untuk mendapatkan berita yang terbaru langsung dari sumbernya” – atau beri teks call to action di video. Metode mudah lain yang sering diabaikan orang adalah dengan menggunakan kotak deskripsi. Tulis kalimat ajakan beserta link Anda di kotak deskripsi.

Link Building

Link Building adalah kegiatan dimana anda mencoba untuk meningkatkan jumlah backlinks ke website Anda.

Jika website Anda menerima backlinks dari website lainnya, mesin pencari akan melihat website Anda sebagai website yang terpercaya di bidangnya. Dengan begitu, mesin pencari akan meletakkan website Anda di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian.

Apabila website Anda berada di halaman pertama hasil pencarian, tentunya orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi website Anda dan membaca konten di website tersebut.

Situs Mobile Friendly

Fakta bahwa 52% dari semua traffic web berasal dari perangkat mobile cukup menjawab mengapa website Anda harus mobile-friendly. Jika pengunjung memiliki pengalaman seluler yang buruk di situs Anda, mereka mungkin tidak akan pernah kembali lagi. Anda akan kehilangan sebagian besar traffic.

Anda mungkin bertanya-tanya website seperti apa yang dianggap ramah untuk seluler? Yah, itu harus responsif. Harus secara otomatis menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran layar perangkat. Dengan begitu, pengunjung dapat menelusuri website Anda dengan nyaman tanpa harus mencubit layar mereka. Coba Google’s mobile-friendly test untuk melihat apakah website Anda sudah mobile-friendly atau belum.

Untuk membuat website yang responsif, Anda harus menggunakan tema dan template website yang responsif. Opsi terakhir tentu saja merupakan pilihan yang lebih murah. Kami selalu merekomendasikan WordPress karena semua temanya mobile-friendly.

Website mobile-friendly juga cenderung mendapat peringkat lebih tinggi pada penelusuran seluler. Jadi, bahkan jika Anda menghasilkan konten berkualitas tinggi tetapi tidak mobile-friendly, pengunjung enggan datang ke website Anda.

Audit Konten Lama

Tentu, Anda harus selalu menulis konten baru untuk menarik pengunjung baru. Namun, mengedit konten lama Anda juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan traffic website Anda.

Mesin pencari terus-menerus merangkak melalui website untuk mencari konten baru. Setiap kali Anda membuat pembaruan untuk konten Anda yang ada, itu pada dasarnya seperti memasang tanda besar yang mengatakan “crawl me again!” Mesin pencari akan memperhatikan, menilai ulang dan mengatur ulang peringkat halaman Anda berdasarkan pada pembaruan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat, perbarui konten lama yang menghasilkan traffic yang signifikan untuk website Anda. Sangat mungkin bahwa mereka sudah mendapat peringkat yang baik di SERP, jadi pembaruan akan membuat mereka relevan dan meningkatkan peluang untuk peringkat yang lebih tinggi.

Gunakan Google Analytics untuk menemukan konten populer Anda dan pilih yang paling potensial.

Tapi tentu saja, jangan membuat pembaruan yang tidak perlu. Anda harus berorientasi pada kualitas, bukan kuantitas. Berikut ini beberapa pembaruan yang dapat dilakukan untuk artikel Anda:

  • Carilah kesalahan ketik.
  • Perbaiki link yang rusak. Dan lebih baik lagi, tautkan ke sumber yang lebih baru.
  • Tambahkan gambar, infografis, atau video baru.
  • Tingkatkan keakuratan konten Anda dengan memperbarui informasi lama.

Pakai CDN untuk Meningkatkan Kecepatan Situs

Google ingin memberi pengalaman menjelajah terbaik untuk usernya, jadi kecepatan situs penting dalam peringkat pencarian. Dengan demikian, meningkatkan kecepatan situs adalah suatu keharusan jika Anda ingin mengarahkan traffic ke website Anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan situs adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN). Ini adalah sekelompok server yang tersebar di seluruh dunia.

Ketika seseorang meminta untuk mengunjungi situs Anda, server terdekat akan merespons dengan mengirimkan konten statis. Akibatnya, waktu loading menjadi lebih cepat karena jarak yang pendek antara pengunjung dan server.

Sebagian besar penyedia CDN dibayar, tetapi Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan Cloudflare. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama domain Anda ke Cloudflare dan memperbarui nameserver. Anda dapat melihat panduan step-by-step mudah untuk mengatur semuanya.

Konsistensi dan kesabaran

Menjaga konsistensi website Anda adalah faktor yang penting. Jika konsistensi Anda terjaga maka domain authority website Anda juga akan meningkat. Anda juga harus bersabar karena SEO tidak akan berhasil hanya dalam semalam. Butuh waktu sebelum akhirnya Anda bisa melihat hasilnya.

Kesimpulan

Pemilik website tentu ingin mengarahkan traffic ke website Anda. Banyak orang berpikir mereka harus menghabiskan banyak uang, tetapi ada trik gratis yang berfungsi dengan baik.

Kami telah membagikan beberapa metode gratis dan berbayar terbaik untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Untuk mempermudah Anda, mari kita lihat beberapa yang terbaik:

Metode gratis :

  • Optimalkan SEO website Anda – ini akan membantu mesin pencari merayapi website Anda dengan mudah.
  • Bagikan setiap konten di platform media sosial – konten Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan menarik lebih banyak traffic.
  • Perbarui konten lama – sangat mudah dilakukan dan akan meningkatkan traffic Anda.

Metode berbayar:

  • Rekrut afiliasi – cara ini sangat hemat biaya karena Anda hanya membayar jika mendapatkan hasil.
  • Bekerja dengan influencer – mereka dapat melibatkan audiens dan mempengaruhi pengikut mereka untuk mengunjungi website Anda dan melakukan pembelian.
  • Gunakan Facebook Ads – Facebook adalah platform media sosial terbesar dan Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menjangkau semua jenis orang.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk  Cara Meningkatkan Trafik Website Kamu. Tapi satu hal yang harus Anda ingat adalah semua teknik SEO serta teknik-teknik di atas hanya akan benar-benar membuahkan hasil jika konten yang Anda miliki berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, Anda akan dapat meningkatkan traffic website, domain authority, organic search results, dan juga ranking website.

Semoga Bermanfaat ya.

Baca Juga : Cara Lacak HP dengan IMEI, Lebih Aman dan Privat