Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet Dijamin Ampuh

Lifestyle TipsTrik

Simak cara mengatasi WC mampet dengan 4 tips berikut ini. Kondisi WC yang mampet akan menyebabkan pengguna kamar mandi menjadi tidak nyaman. Selain tidak bisa digunakan lagi, WC mampet juga menimbulkan bau yang tak sedap. Alhasil, kita jadi kesulitan ketika ingin menggunakan kamar mandi.

Saat WC mampet terjadi, mungkin pikiranmu tertuju kepada jasa sedot WC. Namun, untuk cara penanganan satu ini biayanya tidak murah. Sebelum harus benar-benar menghubungi jasa sedot WC, kamu bisa mengatasi permasalahan ini secara mandiri dengan beberapa langkah mudah dan tidak menguras kantong.

Dirangkum beberapa sumber, berikut ini ada beberapa cara untuk menangani WC mampet agar bisa kembali lancar.

1. Soda kue dan cuka

Soda kue dan cuka telah lama dianggap sebagai bahan pembersih alami, tetapi jika digabungkan, keduanya menghasilkan reaksi kimia yang penting. Saat digabungkan, kedua bahan ini menciptakan aksi mendesis yang kuat yang dapat melakukan lebih dari sekadar menghasilkan gelembung dalam jumlah yang mengesankan. Ini juga dapat melepaskan penyumbatan saluran pembuangan yang paling membandel. Kunci dari proses ini adalah mengukur takaran bahannya dengan hati-hati untuk dan menghindari letusan kecil di lantai kamar mandi.

Langkah pertama, kaji tingkat keparahan

Sebelum mencoba melancarkan kembali WC mampet, penting untuk mengetahui seberapa buruk sumbatan itu. Biasanya, kamu ingin menggunakan soda kue dan cuka dengan perbandingan yang sama. Untuk penyumbatan ringan, kamu harus menggunakan soda kue dan cuka dalam jumlah penuh sekaligus. Untuk penyumbatan WC yang lebih parah, mulailah dengan menggunakan jumlah yang lebih kecil secara bertahap. Karena aksi mendesis yang terjadi, pastikan mengukur ramuannya dengan hati-hati agar tidak meluap.

Langkah kedua, takar penuangan soda kue dan cuka

Untuk penyumbatan kecil, tuangkan soda kue dalam jumlah penuh yang telah kamu ukur ke dalam mangkuk toilet. Untuk penyumbatan yang parah, mulailah dengan seperempat cangkir hingga satu setengah cangkir soda kue.

Langkah ketiga, tuangkan soda kue dan cuka

Gunakan cuka dan soda kue dengan perbandingan yang sama. Artinya untuk satu cangkir soda kue, gunakan satu cangkir cuka. Setelah kamu menuangkan cuka ke dalam toilet, cuka akan bercampur dengan soda kue dan langsung mulai mendesis. Suara desis akan menumpuk dengan cepat tetapi juga mereda dengan cepat.

Tunggu beberapa menit sementara soda kue dan cuka bekerja bersama, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah keempat, tuangkan air panas ke WC

Lanjutkan cuka dengan ceret penuh air panas. Tuang air panas ke dalam mangkuk toilet dan periksa apakah sumbatan sudah keluar.

Langkah kelima, ulangi seperlunya sampai sumbatan terlepas

Sumbatan yang hilang saat toilet mengeluarkan suara hisap cepat dan kemudian mengalir secara alami. Siram sekali atau dua kali untuk membersihkan mangkuk dan memastikan toilet beroperasi sebagaimana mestinya.

2. Menggunakan garam batu

Garam batu juga ideal untuk permasalahan WC mampet. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatasi WC mampet dengan garam batu.

Langkah pertama, cek kondisi WC

Kamu perlu memastikan air di dalam WC tidak terlalu penuh atau meluap. Jika penuh, tunggu sampai airnya surut dan kembali seperti semestinya.

Langkah kedua, tuangkan garam

Tuangkan satu cangkir (sekitar 500 gram) garam batu ke dalam lubang WC. Setelah itu kamu perlu menuangkan 1 liter air mendidih ke lubang WC. Setelah selesai, diamkan selama 8 jam hingga semalaman untuk bahan tersebut bekerja. Setelah 8 jam atau lebih, penyumbatan toilet seharusnya sudah luluh.

Langkah ketiga, siram WC kembali

Selanjutnya kamu tinggal menyiram WC dengan air yang banyak untuk mendorong sumbatan tersebut supaya masuk septic tank.

3. Soda api

Soda api menjadi pilihan yang kuat untuk mengatasi WC mampet yang menyebalkan. Mereka bereaksi dengan air membentuk gelembung yang mampu menghancurkan penyumbatan.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan soda api untuk mengatasi WC mampet.

Langkah pertama, tindakan keamanan

Penting untuk melakukan tindakan keselamatan, seperti menggunakan sarung tangan karet, masker, pelindung mata, serta membuka pintu dan jendela kamar mandi.

Langkah kedua, tuangkan soda api

Saat kondisi WC tidak meluap, tuangkan setengah cangkir soda api ke lubang toilet dan diamkan bahannya bereaksi dengan air selama sekitar 10 menit.

Langkah ketiga, cek dan ulangi

Setelah selesai, periksa apakah WC sudah tidak mampet atau belum dengan menuangkan sejumlah air ke dalamnya. Jika masih agak tersumbat, tuangkan kembali soda api dengan takaran yang lebih banyak dan diamkan lebih lama, sekitar 8 jam ke atas.

4. Sabun cuci piring dan air panas

Jika WC di kamar mandimu mampet karena ada kertas, tissue, atau pembalut yang dibuang ke dalam WC, gunakan sabun cuci piring untuk masalah ini. Pastikan toilet tidak banjir atau meluap, setelah itu tuang sabun cuci piring cair ke dalam toilet. Selanjutnya tuang air panas dan diamkan selama beberapa menit.

Sabun cuci piring akan membantu melonggarkan saluran WC dan mendorong berbagai penyumbat melewati bagian pipa. Setelah didiamkan beberapa menit, siram lubang WC untuk mengetahui apakah masih tersumbat atau tidak.

Nah itulah beberapa Cara Mengatasi WC Mampet, Semoga Bermanfaat.

Sumber : tribunnews.com

Baca Juga : Tips Membeli Rumah Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli

Baca Juga : Cara Mudah Membasmi Kecoak di Rumah, Ini Tipsnya