Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Tanpa Perlu Diet Ketat

Health TipsTrik

Berikut ini cara menurunkan berat badan, lebih efektif dari diet ketat. Sebaiknya Anda jangan terlalu sibuk menyalahkan diri sendiri jika melakukan kesalahan dan jangan terlalu berorientasi pada tujuan.

Selain itu, jika Anda pernah mencoba diet ketat untuk menurunkan berat badan, Anda tentu tahu betapa sulitnya mencapai hasil yang Anda inginkan. Menurut sebuah survei, dua dari lima orang menyerah melakukan diet hanya dalam waktu seminggu sejak mereka memulainya.

“Kamu tahu tubuhmu lebih baik dari siapa pun, artinya kamu mungkin tahu persis apa yang membuat kamu merasa sengsara,” kata Cynthia Sass, MPH, RD, ahli gizi terdaftar.

“Ketika saya menanyakan hal ini kepada klien, saya cenderung mendengar tanggapan yang sama berulang kali (terlalu sedikit kalori dan terlalu sedikit karbohidrat, dan tampaknya itu menjadi penyebab terbesar),” ujarnya

Sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam majalah sains Discover setuju, bahwa pengalaman diet yang suram adalah penyebab nomor satu orang-orang berhenti melakukannya. “Diet tidak benar-benar ideal untuk menjalani hidup yang menyenangkan, justru akan membuat lebih sulit untuk terus berdiet,” ungkap Traci Mann, Ph.D., psikolog makanan terkemuka di University of Minnesota dan penulis Secrets from the Eating Lab.

Para ahli penurunan berat badan dan ahli gizi mengungkap ada beberapa cara makan yang lebih efektif untuk menurunkan berat badan ketimbang melakukan diet ketat dan penghitungan kalori.

Berikut cara makan yang efektif menurunkan berat badan dan juga dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih puas, dan jauh lebih sehat dalam jangka panjang.

Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Tanpa Perlu Diet Ketat :

1. Hilangkan godaan

Menahan keinginan makan setiap hari memang sulit. Pendekatan yang lebih baik adalah membuat makanan yang menggoda lebih sulit untuk dimakan.

“Jika pasangan Anda bersikeras ingin memiliki permen di rumah, misalnya, simpan barang-barang itu dalam wadah yang tidak tembus cahaya, sehingga membuatnya lebih sulit untuk dilihat. Ketika permen tidak terlihat, orang cenderung tak memakannya,” demikian menurut majalah sains Discover. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Marketing menemukan, bahwa orang lebih cenderung makan terlalu banyak camilan dari kemasan transparan daripada yang tidak tembus cahaya. Jadi, ketika Anda sulit mendapatkan makanan tak sehat, maka Anda akan makan lebih sedikit makanan tak sehat.

2. Jangan sibuk menyalahkan diri sendiri jika melakukan kesalahan

Debbie Petitpain, MS, RDN, LDN, ahli diet terdaftar dan juru bicara The Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan untuk fokus pada perjalanan yang lebih besar dari kesehatan Anda secara keseluruhan, bukan pada kesalahan sesekali.

“Makan mewah sesekali tidak menggagalkan pilihan sehat yang telah Anda makan setiap hari,” katanya.

3. Temukan pengganti

Jika ada makanan yang Anda sukai, temukan saja versi yang lebih sehatnya. Misalnya mengganti es krim dengan yoghurt dingin yang dicampur irisan buah. Selain itu, Anda harus mencari cara mudah untuk memasukkan sayuran ke dalam makanan Anda. Coba tambahkan sayuran hijau seperti bayam, ke dalam jus buah Anda atau tambahkan potongan sayur, seperti wortel dan timun untuk dimakan bersama sambal, nasi, dan lauk saat makan siang. Idenya di sini adalah memasukkan lebih banyak makanan sehat ke dalam makanan Anda dan tidak memaksakan diri melakukan kebiasaan yang tidak berkelanjutan.

Baca Juga : Cara Menjaga Pola Makan yang Sehat dan Teratur, Upaya Cegah Corona

4. Jangan terlalu berorientasi pada tujuan

“Lebih baik memikirkan keseluruhan perjalanan, daripada terlalu fokus pada pencapaian titik akhir,” jelas Petitpain.

Dia menyarankan, untuk melihat lebih dalam semua faktor dalam hidup yang dapat berkontribusi pada berat badan Anda dan pertimbangkan untuk mengambil langkah yang lebih sehat sebelum Anda memulai diet ketat yang menyiksa.

“Jika saat ini Anda tidak memiliki kapasitas untuk menjalankan diet ketat, maka jangan memulainya, karena akan lebih buruk jika Anda mencoba dan gagal,”

“Fokus saja pada perawatan diri. Cobalah tidur lebih nyenyak, bergerak sedikit lebih banyak, makan sedikit lebih sehat setiap kali makan. Ini adalah saat-saat penting, sehingga Anda harus memprioritaskannya,” tutup Petitpain.

Itulah beberapa Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif Tanpa Perlu Diet Ketat, Semoga Bermanfaat.

Sumber : tribunnews.com

Baca Juga : Pola Makan Bisa Berefek pada Risiko Kesehatan Mental? Ini Penjelasannya