Cara membasmi kecoak-kutubaca.com

Cara Mudah Membasmi Kecoak di Rumah, Ini Tipsnya

TipsTrik

Hama serangga tidak pernah menjadi tamu yang diharapkan kehadirannya di rumah. Membasmi serangga, mulai dari lalat buah sampai kutu pada hewan peliharaan, tidak pernah ada habisnya. Meski demikian, menjaga agar rumah tetap rapi dan bersih akan menjaga hama serangga singgah di rumah Anda.

Cara mencegah dan membasmi serangga pun beragam, mulai dari produk insektisida sampai bantuan profesional. Salah satu serangga yang kerap hadir di rumah adalah kecoak atau kecoa. Hewan ini pun seringkali dianggap menjijikan, selain gerakannya yang cepat dan bentuk tubuhnya yang cukup besar.

Dilansir dari Country Living, berikut cara mudah membasmi kecoa di rumah, kutubaca.com sudah merangkumnya untuk Anda.

Apa yang membuat kecoak hadir di rumah?

Kecoak menyukai lingkungan yang hangat dan lembab yang mengandung banyak sumber makanan. Karena kecoak adalah pemakan bangkai, mereka dapat bertahan hidup di hampir semua hal, remah-remah, kardus, sisa makanan, dan lainnya.

Di mana kecoak hidup?

Kecoak tertarik ke area gelap yang tidak terganggu untuk waktu yang lebih lama (pikirkan ruang di belakang kulkas, di bawah lemari, semua sudut yang terlupakan atau rak dapur, serta lemari penyimpanan).

Ini adalah tempat-tempat yang dapat dengan mudah mengumpulkan banyak “makanan” untuk kecoak, dan cahaya redup menarik minat mereka pada malam hari.

Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki masalah kecoak?

Jika Anda mengalami kemunculan kecoak yang lebih sering, mungkin inilah saatnya untuk menyelidikinya. Periksa semua area gelap, bersihkan semua permukaan dapur, dan periksa semua area penyimpanan untuk menghilangkan kardus berlebih atau kotoran ramah kecoa lainnya.

Perhatikan kotoran kecoak, yang terlihat mirip dengan kopi bubuk atau lada hitam kasar, dan kotak telur, yang dapat disembunyikan di ruang gelap atau bahkan di antara buku-buku dalam rak buku.

Bagaimana cara membasmi kecoa di rumah?

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pembasmi hama atau perusahaan pengendalian hama. Sebelum para profesional bekerja, Anda dapat mulai dengan menghilangkan semua tempat persembunyian potensial, termasuk sudut gelap dan kardus bekas yang disebutkan di atas.

Pastikan semua saluran air bersih dan berfungsi dengan baik, sehingga tidak ada genangan air yang tersedia untuk kecoak.

Lakukan survei rumah, atau ruangan atau area tertentu di mana Anda paling sering melihatnya. Jika Anda melihat retakan atau kemungkinan titik masuk, tutupi dengan sealant silikon atau bahan tahan lama lainnya seperti sabut baja.

Kecoak sebenarnya mampu meratakan tubuhnya agar muat melalui ruang kecil. Di pasaran pun banyak ditemukan produk pembasmi kecoak, tetapi para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan semprotan dan sebagai gantinya gunakan insektisida berbentuk umpan.

Sumber : kompas.com

Baca Juga : Tanaman Hias Ini Berfungsi Sebagai Penetral Racun dalam Ruangan