Gibran Rakabuming Resmi Dilantik Wali Kota Solo

Gibran Rakabuming Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo, Janji Ekonomi Segera Pulih

Daerah Trending

Berita Terkini dan Terbaru – Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa resmi dilantik menjadi hari iniĀ  menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Tak hanya Gibran-Teguh, mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo pun suda hadir di Gedung DPRD Solo, lokasi pelantikan virtual.

Terlihat Teguh sudah datang terlebih dahulu sekitar pukul 07.50 WIB. Teguh datang bersama istrinya, Serlly Yusnita, Jumat (26/2/2021). Sedangkan Gibran baru tiba sekitar pukul 08.10 WIB. Dia juga didampingi istrinya, Selvi Ananda.

Selain itu, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo juga hadir didampingi istri. Rudy tampak mengenakan jas merah, sedangkan Purnomo mengenakan jas hitam.

Sampai di dalam gedung, tampak keduanya bersiap di tempat duduk yang disediakan. Tak beberapa lama kemudian, acara dimulai sekitar pukul 08.20 WIB.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin acara pelantikan. Dia menyebutkan satu per satu nama kepala daerah yang akan diambil sumpah.

Masing-masing kepala daerah menyahut setelah Ganjar memanggil namanya. Gibran dan Teguh terdengar lantang mengucap jabatan yang diembannya. Setelah itu Gibran menyampaikan pidato pertama dalam rapat paripurna DPRD Solo.

Dalam pidato perdananya, Gibran berjanji akan mengawal vaksinasi agar perekonomian Kota Solo bisa segera tumbuh.

Selain tenaga kesehatan dan pelayan publik, Gibran memprioritaskan vaksinasi pedagang pasar. Dalam tahap awal, ada dua pasar yang akan mengikuti vaksinasi, yaitu Pasar Klewer dan Pasar Gede.

“Dua pasar ini adalah pusat kegiatan ekonomi masyarakat Solo, tidak boleh ditunda sampai Senin, besok pagi langsung divaksin. Kebut vaksinasi, kebut pemulihan ekonomi,” kata Gibran dalam forum rapat paripurna DPRD Solo, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, Sabtu dan Minggu besok tidak ada libur baginya. Dia akan mengawal pelaksanaan vaksinasi agar segera selesai.

“Hari Sabtu dan Minggu ini bukan hari libur untuk saya dan Pak Teguh. Sabtu ini jam 8 pagi akan dimulai vaksinasi untuk pedagang Pasar Klewer dan Pasar Gede. Kita langsung gerak kita, langsung kerja,” ujarnya.

Menurutnya, pemulihan ekonomi bisa tumbuh seiring dengan vaksinasi yang berjalan. Dia mengaku optimistis Solo bisa segera bangkit dari pandemi.

“Ekonomi akan kuat jika warganya sehat. Penerapan protokol kesehatan akan diperketat di tempat produktif. Kami optimis Solo bisa bangkit dari pandemi,” katanya.

Selain itu, masyarakat Solo yang kreatif juga dinilai bisa membuat perekonomian semakin bergerak cepat. Pemerintah akan menyediakan creative hub untuk membuka peluang usaha baru.

“Solo ini adalah gudangnya anak-anak kreatif, gudangnya anak-anak inovatif. Selalu ada peluang di tengah kesulitan. Untuk membuka peluang kami akan perbanyak creative hub dan coworking space supaya anak-anak muda di Solo memiliki daya saing dan UMKM bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi,” katanya.

Pelantikan 17 kepala daerah baru di Jawa Tengah, termasuk pasangan Gibran-Teguh, dilakukan secara virtual karena pertimbangan pandemi Covid19 yang masih berlangsung sekarang ini.

Pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Gubernur Jawa Tengah sendiri yaitu Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Moeldoko Tanggapi Komentar SBY Jangan Menekan Saya