Berkendara mobil aman cegah kecelakaan-kutubaca.com

Jangan Sepelekan 5 Fitur Penting Ini di Mobilmu, Bisa Mencegah Kecelakaan Saat Hujan

Otomotif TipsTrik

Musim hujan telah tiba. Berkendara pun harus lebih waspada. Sebab banyak kecelakaan terjadi karena hujan. Bisa karena kondisi jalan yang menjadi licin, berkurangnya jarak pandang, hingga rem yang tiba-tiba tiba-tiba tidak berfungsi.

Nah, berikut lima fitur mobil ini bisa mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara di musim hujan.

1. Gunakan lampu fog lamp ketika hujan tiba

Fitur pertama adalah, jika di mobil kamu terdapat lampu fog lamp, maka hukumnya wajib kamu gunakan atau kamu nyalakan ketika hujan turun. Mengapa demikian?

Karena lampu fog lamp didesain untuk menembus kabut ketika musim hujan tiba sehingga visibilitas ke depan tetap terjaga. Selain itu cahaya lampu juga lebih melebar sehingga pengemudi bisa pandangan pengemudi bisa lebih maksimal.

2. Intermittent wiper

Intermittent wiper berguna untuk mengatur kecepatan wiper dalam melakukan sekaan dengan jeda beberapa saat. Jadi ketika hujan dengan intensitas rendah kamu tidak perlu menggunakan pengaturan wiper dengan sekaan yang terus-terusan sehingga bisa menjaga keawetan karet wiper serta motor dari penggerak wipernya tersebut.

3. Sistem pengereman ABS

Fitur ABS sangat berguna untuk mencegah mobil tergelincir saat melaju di jalan yang licin saat diguyur hujan. Sebab, dengan fitur ini, ban tidak akan mengunci meski pedal gas ditekan penuh. Sehingga kamu tetap bisa mengendalikan mobil meski jalanannya licin.

4. Defogger atau penghilang embun

Fitur defogger ini juga sangat berguna ketika keadaan sedang hujan apalagi dengan intensitas curah hujan yang deras. Karena fungsi defogger menghilangkan embun yang menempel di kaca akibat perbedaan suhu di dalam kabin dengan suhu di luar.

5. Traction control dan vehicle stability control

Terakhir adalah fitur traction control dan vehicle stability control. Keduanya berperan penting menjaga kestabilan mobil saat melewati jalanan yang basah atau licin. Dengan fitur ini, kamu akan tetap bisa mengikuti jalur meski kondisi jalannya licin.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas untuk Pemula