Kenapa vaksin covid penting

Kenapa Suntik Vaksin Covid-19 Itu Penting? Simak Penjelasan ini

Health

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Hingga awal 2021 ini, berbagai upaya terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebarannya. Termasuk menghadirkan vaksin covid-19.

Jika sebelumnya, vaksin ini masih menjadi perencanaan dan dalam proses pembuatan, maka di awal tahun ini, vaksin yang dimaksud sudah mulai didistribusikan ke dalam negeri. Bahkan, beberapa tokoh dan public figur sudah mulai mendapatkan vaksinasi.

Mereka diharapkan dapat menjadi percontohan yang baik guna meyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi terhadap semua orang sebagai upaya mengakhiri penyebaran virus Covid-19. Namun, tidak bisa dipungkiri, masih banyak terdapat kekhawatiran soal vaksin ini sehingga tidak sedikit pula yang menolak untuk divaksin.

Lantas, apa sih pentingnya vaksin Covid-19 ini?

1. Mencegah Terinfeksi Covid-19

Alasan pertama pentingnya vaksinasi Covid-19 dilakukan adalah untuk mencegah tubuh terinfeksi virus Covid-19. Sebagaimana cara kerja vaksin dalam tubuh untuk meningkatkan kekebalan, maka dengan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, tubuh akan lebih terlindungi jika sewaktu-waktu terpapar oleh virus corona. Semakin tinggi sistem kekebalan tubuh, maka akan semakin baik untuk menangkal risiko terinfeksi virus Covid-19.

2. Mencegah Penularan Terhadap Orang di Sekitar

Selanjutnya adalah mencegah penularan virus Corona terhadap orang di sekitar. Maksudnya di sini adalah siapapun yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tidak hanya bermanfaat melindungi dirinya tetapi juga orang di sekitarnya. Tidak bisa dipungkiri, dari sekian banyak kesempatan untuk divaksin, tentu masih terdapat kemungkinan bagi beberapa orang di untuk tidak divaksin.

Misalnya saja dikarenakan faktor usia ataupun yang lainnya. Oleh sebab itu kamu yang sudah divaksin diindikasikan punya imunitas yang lebih tinggi sehingga mampu mencegah penularan Covid-19 ke orang-orang sekitar kamu.

3. Mencegah Komplikasi Akibat Covid-19

Saat terinfeksi Covid-19, tubuh bisa mengalami berbagai macam komplikasi seperti pneumonia, penggumpalan darah, gagal jantung, gagal hati, syok septik, kerusakan otot, gangguan pernapasan akut dan komplikasi menyakitkan lainnya.

Untuk itu, vaksin Covid-19 bisa meminimalkan komplikasi yang muncul apabila terinfeksi Covid-19. Hal ini tentu sangat penting untuk dilakukan mengingat komplikasi-komplikasi ini merupakan keluhan yang membuat kualitas hidup menjadi berkurang.

4. Mendorong Herd Immunity

Salah satu alasan pentingnya vaksinasi Covid-19 dilakukan adalah mendorong terciptanya herd immunity. Kalian pasti sudah tak asing deh dengan istilah ini.

Herd immunity sendiri berarti kekebalan kelompok yang bisa didapatkan saat orang dalam jumlah yang besar melakukan vaksinasi untuk menaikkan imunitas tubuhnya. Orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin ini akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah terserang virus Covid-19.

Semakin banyaknya orang yang kebal dengan Covid-19, maka penyebaran pun bisa diputus sesegera mungkin. Untuk itu, vaksinasi sangat penting untuk mencapai herd immunity.

5. Mengurangi Dampak Sosial Ekonomi

Semakin banyak bersedia divaksin tentu memperbesar kemungkinan untuk memutus penyebaran Covid-19. Tentu saja hal ini tidak menutup kemungkinan akan mampu mengakhiri pandemi yang sudah membelenggu selama ini. Jadi, jika semua bisa diselesaikan atau setidaknya berkurang, maka dampak sosial ekonomi bisa secara perlahan dipulihkan kembali.

Sumber : beautynesia.id

Baca Juga : 4 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Siap Dipakai Bulan Februari