Tips hidup agar tidak di dominasi orang lain-kutubaca.com

Lakukan 5 Hal Ini Biar Hidupmu Nggak Gampang di Dominasi Orang Lain

Lifestyle TipsTrik

Bahkan jika kamu tipe orang yang suka mengalah, lama-kelamaan kamu pasti enek juga kalau hidupmu di dominasi orang. Seiring waktu, bisa-bisa kamu malah merasa hidupmu bukan lagi milikmu.

Duh, seram amat ya? Makanya, biar gak sampai begitu, sekarang juga kamu harus mulai mengantisipasinya dengan melakukan 5 hal berikut ini.

1. Berani bilang apa yang kamu suka dan gak suka

Ini semacam pagar rumah. Awalan yang bagus untuk memberi tahu orang lain batasan yang boleh dan gak boleh mereka lakukan padamu.

Nyatanya, gak semua orang cukup tahu diri, kan? Kalau kamu gak pernah bilang apa yang kamu suka dan gak suka, orang yang gak peka dan gak menghargai batasan akan berpikir kamu gak keberatan diperlakukan seperti apa pun.

2. Punya pendidikan dan pekerjaan yang bagus

Seberapa sukses kamu juga akan sangat memengaruhi rasa hormat orang padamu. Kalau kamu kelihatan gak berdaya, orang akan bersikap semaunya.

Terlebih jika posisi mereka memang di atasmu dalam dua perkara ini. Jadi tahu kan, alasan kamu gak boleh menyepelekan pendidikan yang sedang ditempuh dan harus mau bekerja keras?

3. Tahu kapan kamu perlu jadi pendengar dan kapan harus bicara

Sekalipun kamu lebih suka diam, bukan berarti kamu boleh selalu tutup mulut. Sebab gak jarang, terlalu pendiam bikin orang mengira kamu gak punya nyali atau gak tahu apa-apa.

Ini bakal bikin orang bersikap lebih berani padamu dan berusaha menunjukkan dominasinya atas dirimu. Terlebih jika kamu memiliki pendapat, jangan disimpan terus untuk diri sendiri, ya!

4. Berani bilang pada orang yang sudah keterlaluan, “Urus urusanmu sendiri!”

Orang yang sudah melintasi halaman rumahmu tanpa izin bahkan berusaha membuka pintu rumahmu jelas harus diberi peringatan keras. Kalau gak, tingkahnya di dalam rumahmu bisa melebihi kamu sebagai pemiliknya.

Perlu diketahui, orang yang suka mendominasi orang lain biasanya gak benar-benar punya keberanian, kok. Cukup digertak sedikit, mereka akan mundur. Mereka akan terus berusaha mendominasi hanya jika kamu gak menunjukkan perlawanan.

5. Jangan terlalu penurut

Hanya karena seseorang bicara lebih banyak dan menggebu-gebu daripada kamu, bukan berarti dia benar-benar tahu segalanya kok. Malah bisa jadi seperti tong kosong nyaring bunyinya.

Jadi, kamu gak perlu menuruti tipe orang seperti ini. Biasanya, orang-orang seperti ini hanya sedang berusaha menancapkan kekuasaannya atas dirimu. Sekali kamu menurut pada mereka, mereka akan makin berusaha menyetirmu.

Semua orang sudah punya hidup masing-masing. Jadi seharusnya memang gak ada yang berusaha mendominasi hidup orang lain. Kalau kamu telanjur mengalaminya, cara di atas juga jitu untuk menghentikannya kok. Lakukan ya genkz.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga : Tips Simple Biar Nggak Dicap Susah Bergaul, Introver Wajib Baca!