Makin Lancar Ngomong, Ini 6 Tips Pintar Berbahasa Inggris

TipsTrik

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan di banyak negara. Tapi bagi sebagian orang, memahami dan bicara bahasa Inggris bisa jadi kendala tersendiri.

Di tengah kemudahan teknologi dan ramainya platform media massa, belajar bahasa Inggris kini tak harus selalu secara formal dari sekolah.

Bagi kamu yang ingin lancar berbahasa Inggris, berikut ini 7 cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti yang telah  dikutip dari siaran tertulis Ruangguru.

1. Belajar dari film
Pilih film favoritmu lalu sesekali coba ubah teks terjemahannya. Jika menonton film Indonesia, coba tambah teks terjemahan bahasa Inggris.

Sebaliknya, jika menonton film barat, ganti teks terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Fungsinya saat menonton film bisa sambil mendengarkan dan membaca teks terjemahan.

Penggabungan dua keterampilan tersebut dapat membantu mendukung menerjemahkan kata per kata. Selain itu juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu untuk terbiasa mendengarkan kosa kata dalam bahasa Inggris.

2. Dengarkan lagu bahasa Inggris
Ketika mendengarkan lagu bahasa Inggris coba sambil baca liriknya dan pahami maknanya. Kebiasaan itu untuk membantu perkaya kosa kata bahasa Inggris.

3. Gunakan hobi sebagai sarana bercakap
Kamu bisa gunakan hobi untuk berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Misalnya senang bermain games, seperti Among Us atau Fortunite, bergabunglah dengan forum yang berisi sekumpulan orang-orang luar yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, kamu bisa coba mulai berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan keluarga atau teman-teman dekat. Meskipun belum fasih, tapi tidak perlu khawatir. Semakin sering berlatih, maka perlahan kamu akan mulai terbiasa dan lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

4. Gunakan ponsel
Cobalah untuk mengubah pengaturan bahasa ponsel atau perangkat elektronik ke dalam bahasa Inggris sehingga pemberitahuan yang muncul akan diterima dalam bahasa Inggris.

Hal yang sama berlaku juga untuk browser dan media sosial. Dengan begitu, kamu bisa memahami halaman yang dicari menggunakan bahasa Inggris lalu kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

5. Latihan di depan cermin
Bicara bahasa Inggris terkadang membuat gugup bagi orang yang merasa belum mahir. Solusinya kamu harus rajin berlatih di depan cermin. Meskipun masih terbata-bata, jangan takut. Semakin sering berlatih, maka kemampuan berbicara akan semakin lancar dan tidak lagi grogi ketika harus berbicara dalam bahasa Inggris.

6. Carilah teman berbicara
Selain melatih diri di depan cermin, kamu bisa melatih kemampuan berbicara dengan teman yang memiliki level yang sama atau bahkan lebih tinggi. Mulai dengan perkenalan, lalu ajukanlah pertanyaan atau kamu bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.

Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, jangan berharap untuk melakukan percakapan penuh di awal, lakukan semua perlahan.

Kamu juga bisa berbicara dengan orang atau kerabat yang tidak paham bahasa Inggris. Kamu akan memiliki pengalaman berbicara namun tidak ada tekanan ketika kamu melakukan kesalahan dalam berbicara.

Sumber : Suara.com