Pump and Dump dalam Cryptocurrency

Mengenal Istilah Pump and Dump dalam Cryptocurrency Biar Lebih Paham

Bisnis Trending

Mungkin ada atau bahkan banyak yang masih belum tau tentang istilah pump and dump dalam dunia cryptocurrency. Di artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kedua istilah itu, yaitu pump and dump yang mungkin sering kalian dengar. Biar nggak penasaran, mari kita belajar bersama akan kedua istilah tersebut.

Oke, jadi setiap bentuk investasi itu pastilah ada dan mempunyai transaksi merugikan yang bisa membuat pasar tidak stabil. Nah hal inipun berlaku juga dengan investasi dalam dunia cryptocurrency. Disini kita akan menjumpai dan menemukan istilah pump and dump. Lalu yang menjadi pertanyaan kalian, apakah itu pump and dump, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana bisa kedua aktivitas ini itu dapat mempengaruhi market mata uang kripto? Oke tanpa berlama-lama langsung aja kita lanjutkan.

Pump and Dump, Apa yang dimaksud?

Singkat dan gampangnya, jadi pump itu artinya membeli dan dump itu artinya menjual.

Pump and Dump, gamblangan secara teknisnya itu seperti ini: aktivitas yang merupakan siklus lonjakan sebuah harga aset kripto yang lalu diikuti dengan penurunan nilai aset kripto secara drastis juga.

Kenapa pump bisa terjadi? Hal itu bisa terjadi disebabkan oleh trader besar yang membeli banyak koin sehingga meyebabkan aktivitas yang disebut dengan pump.

Begitu kondisi market yang tidak stabil disebabkan semua orang berlomba-lomba membeli koin tersebut, trader tersebut lalu bisa saja melakukan sebuah  dump pada koin mereka sehingga harganya bisa jadi langsung longsor dan mendadak menjadi anjlok.

Contoh pump and dump
Contoh ilustrasi grafik gambar pump and dump pada market cryptocurrency

Nah hal ini biasa terjadi dalam market mata uang kripto yang tidak memiliki nilai fundamental yang cukup baik.

Dampak Pump and Dump

Dampak praktik pump and dump ini bisa menyebabkan kerugian. Kerugiannya pun bisa mencapai jutaan dollar amerika dan yang pasti berdampak negatif pada kondisi market cryptocurrency itu sendiri.

Contoh saalah satu dampak yang cukup parah pernah terjadi di tahun 2018 yang lalu. Karena kejadian ini, Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka Amerika Serikat atau disingkat CFTC bahkan sampai mengeluarkan sebuah peringatan dan berjanji akan memberikan imbalan bagi siapapun yang bisa melaporkan praktik pump and dump yang merugikan ini.

Pump and Dump, Bagaimana cara kerjanya?

Setelah diatas kita mengulas tentang apa itu pump and dump, selanjutnya marilah kita membahas tentang bagaimana sih cara kerjanya ini?

Oke jadi di dalam praktik pump and dump ada beberapa peran yang bermain dan terlibat disitu. Yang pertama yaitu Si hodler dan yang kedua adalah Si trader. Tugas pengumpul ini adalah membeli aset crypto ketika harganya sedang turun.

Kegiatan ini bisa mereka lakukan selama berhari hari bahkan berminggu minggu lamanya. Begitu jumlah koin yang berhasil mereka kumpulkan sudah cukup banyak. Para hodlers biasanya mulai melancarkan aksinya dengan menyebar ke beberapa chatroom dan menimbulkan keresahan disitu dengan cara mengatakan bahwa harga koin yang berhasil mereka kumpulkan sedang naik harganya.

Kurangnya jumlah koin di market akibat penimbunan yang dilakukan oleh para hodler mau nggak mau membuat harga koin tersebut bisa benar-benar naik. Nah para pemain baru atau pemula biasanya tertarik nih, sehingga membuat mereka tertarik untuk ikut membeli koin tersebut.

Begitu nilai koin dianggap sudah berada di posisi puncak dan paling tinggi, nah para pemain ini mulai memainkan peran mereka dengan cara menjual koin yang sudah berhasil mereka peroleh dari para hodler sedikit demi sedikit. Dan pada saat ini proses dump pun terjadi. Setelah itu, para pemain ini pun keluar dan kondisi marketpun akan mulai goyang dan tidak stabil.

Koin yang sebelumnya langka kini semakin gampang dan mudah untuk ditemukan sehingga harga nya pun makin lama akan makin turun. Ketika penjual panik, harga koin pun akan mengalami penurunan yang drastis. Dampaknya ada pada mereka yang bermodal kecil akan mengalami kerugian.

Nah sebelum kalian memutuskan untuk benar benar terjun di market/pasar kripto ini, sebaiknya pastikan kalian tau setiap risikonya, termasuk istilah pump and dump ini.

Sedikit saran dan nasihat dari kami, untuk para pemain kripto saat ini: Bagi kalian yang pegang koin dengan fundamental bagus tapi sekarang minus tetap tenang lah.

Tujuan investasi di crypto bukan lah kekayaan yang instan. Tapi sebuah kebebasan finansial di masa mendatang.

Bayangkan jika kalian membeli 100 bitcoin di harga $1 pada tahun 2010 maka sekarang kalian tidak perlu bekerja keras lagi. Kalian tinggal menikmati hidup kalian dengan uang yang kalian miliki sekarang. Hanya dalam 10 tahun kalian bisa menikmati kebebasan finansial disaat orang lain masih harus berangkat ke kantor di pagi hari buta. Itulah bitcoin dengan perjalanan nya dalam 10 tahun ini.

Sekarang kita lihat banyak sekali koin atau token dengan project yang bagus dan lebih dibutuhkan manusia bahkan lebih canggih dan bagus daripada bitcoin. Koin koin ini baru memulai perjalanan nya. Mereka belum “setua” bitcoin namun menawarkan project yang jauh lebih revolusioner.

Saat kalian memutuskan berinvestasi di koin koin bagus ini. Kenapa kalian begitu takut saat harganya turun? Apakah kalian ingin kaya instan dengan profit yang nggak seberapa? Atau kalian ingin membangun kebebasan finansial untuk masa depan?

Jangan takut broo. ADA, DOT, BNB, Solana dan project project bagus lainnya. Bisa aja akan membawa kalian ke sebuah kebebasan finansial layaknya mereka mereka yang memegang bitcoin 10 tahun yang lalu. So, jangan panik, jangan gampang CL. Tetap hold dan menabung secara rutin. Karena saya yakin, kalian yang berinvestasi di aset crypto ini adalah manusia manusia yang punya visi bagus. Manusia manusia yang revolusioner, manusia manusia yang berani mengambil resiko di saat orang lain nyaman dengan apa yang mereka dapatkan sekarang. Dan saya harap kalian semua sukses di masa depan. Jadi jangan takut berinvestasi. Pelajari koin andalan kalian, kawal project nya, dukung dengan uang kalian dan nikmati kebebasan finansial di masa depan. Semoga Beruntung.

Akhir kata, semoga yang saya tulis ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian dalam dunia kripto. Salam Cuan dari saya.

Baca Juga: Doge Coin Yang Lagi Viral Simak Penjelasannya