PPKM di Purwokerto Banyumas

PPKM Kedua, Lampu Jalan di Purwokerto Akan Dimatikan Saat Malam Hari

Daerah

Pemkab Banyumas berencana mematikan lampu penerangan jalan umum (PJU) di kawasan perkotaan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada malam hari. Kebijakan tersebut untuk mengurangi mobilitas masyarakat, khususnya pada malam hari saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) jilid kedua yang dimulai 26 Januari hingga 8 Feberuari 2021.

Baca Juga : PPKM Diperpanjang Sampai dengan 8 Februari, Berikut Zona Merah Jawa-Bali

“Kalau bisa mulai malam nanti enggak apa-apa, tapi kami akan koordinasi dulu dengan Polresta, mungkin nanti malam (dimulai),” kata Bupati Achmad Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kamis (28/1/2021). Husein menilai, penutupan sejumlah ruas jalan di Purwokerto pada malam hari kurang efektif. “Kalau LPJU sudah dimatikan, penutupan jalan tidak perlu ada, kelihatannya sangar, tapi tidak efektif. LPJU saja yang dimatikan, tapi patroli diperbanyak,” ujar Husein.

Meski demikian, Husein menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terlebih dahulu untuk memutuskan kebijakan tersebut. “Saya minta CCTV diaktifkan, jangan sampai malah timbul kriminalitas,” kata Husein. Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, usulan mematikan lampu penerangan jalan kali pertama mencuat pada saat pertemuan forum lalu lintas.

Pasalnya, penutupan jalan yang selama ini diterapkan dinilai kurang efektif, karena tidak ada penjagaan. “Kemarin kan ada rapat forum lalu lintas, kapolsek-kapolsek di wilayah kota mengusulkan dimatikan saja LPJU-nya mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB,” ujar Agus. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memutuskan kebijakan mematikan LPJU. “Kami sedang mempertimbangkan, dengan gelap tujuannya untuk mengubah perilaku masyarakat, jadi sungkan keluar malam. Tapi ada pertimbangan, seperti kriminalitas, kecelakaan, kami akan koordinasi dulu,” kata Agus.

Sumber : kompas.com

Baca Juga : Masuk Banyumas Sekarang Diperketat, Berikut Lokasi yang Termasuk