Resep Ayam Goreng Enak

Resep Ayam Goreng Kelapa Gurih dan Renyah, Dijamin Enak

TipsTrik

Hidangan yang satu ini dapat kalian coba praktikkan dirumah untuk dijadikan menu lauk yang nikmat dan mudah.

Rasa gurih dari daging ayam dan teksturnya yang empuk, akan berpadu dengan kelapa parut yang mempunyai tekstur garing ini dijamin akan membuat selera makan langsung naik.

Jika kalian ingin tahu bagaimana cara membuat ayam goreng kelapa ini di rumah, kalian bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung, potong-potong menjadi beberapa bagian
1 butir kelapa, kupas lalu parut
500 ml air kelapa
700 ml air
1 liter minyak goreng

Bumbu halus:

100 gram bawang merah
100 gram bawang putih
50 gram kunyit
Secukupnya gula pasir
Secukupnya garam

Pelengkap:

Lalapan sayuran
Sambal terasi

2. Giling bumbu hingga halus dan lembut

Pertama-tama haluskan terlebih dahulu bahan-bahan bumbu halusnya. Masukkan bahan-bahan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, gula pasir, dan garam secukupnya ke dalam food procceesor.

Kemudian giling semua bahan-bahan tersebut dalam food procceesor hingga halus dan lembut. Kalian juga bisa menggunakan blender atau ulekan untuk menghaluskan bumbu di atas jika kalian tidak mempunyai food procceesor di rumah.

3. Campur bumbu halus bersama kelapa parut

Kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam mangkuk atau bowl, bersama dengan daging ayam, kelapa parut, air, dan air kelapa. Lalu aduk-aduk hingga semua bahan-bahan tersebut dapat tercampur dengan rata.

Setelah tercampur rata, nyalakan kompor lalu masukkan campuran bumbu dan air kelapa tadi ke dalam panci dan masak dengan menggunakan api yang besar hingga ayamnya lunak dan cairannya menyusut.

4. Goreng ayam dan kelapa parut hingga matang

Setelah ayamnya lunak dan cairannya tinggal sedikit, langsung angkat ayam dan kelapa parut dari air rebusan. Lalu tiriskan airnya.

Kemudian panaskan sebanyak 1 liter minyak goreng di wajan. Setelah minyaknya dirasa sudah mulai panas langsung masukkan ayam dan kelapa parut tadi ke dalam minyak panas.

Kemudian goreng ayam dan kelapa parut hingga matang dan berubah warnanya menjadi kecoklatan. Pastikan untuk menggunakan minyak goreng yang banyak agar ayam dan kelapa parut dapat matang dengan merata dan sempurna.

5. Angkat dan sajikan

Setelah matang dan berubah warnanya menjadi kecoklatan langsung angkat dan tiriskan minyaknya. Taruh ayam dan kelapa parut di atas piring lalu sajikan bersama dengan pelengkapnya.

Bagaimana resep ayam goreng kelapa di atas, mudah kan? Resep di atas bisa kalian coba untuk dijadikan salah satu menu andalan di rumah. Dijamin semua anggota keluarga akan suka dengan rasanya. Selamat mencoba.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : idntimes.com