Rumah Yang Baik Menurut Islam

Rumah Yang Baik Menurut Islam

Islam Lifestyle

Berita Islam Terkini dan Terbaru – Memiliki sebuah rumah menjadi impian bagi setiap orang. Rumah yaitu tempat berkumpul seluruh anggota keluarga, tempat berbagi pengalaman, ilmu dan tempat berbagi kasih sayang antara anggota keluarga.

Ustad Muhamad Ghozali menjelaskan, meskipun Rasulullah tidak memberikan contoh dalam mendesain rumah, tapi dari sunah yang ada, hendaknya hal itu dapat dijadikan acuan dalam membuat dan mendesain sebuah rumah. Di antara hal yang harus diperhatikan yakni

1. Dekat Dengan Masjid

Membangun rumah dekat dengan masjid agar memudahkan shalat berjamaah dan ibadah lainnya. Walaupun yang lebih utama adalah jauh dari masjid, karena setiap langkah akan dihitung pahala. Tapi, mengingat lemahnya iman pada umat Islam dan pengaruh lingkungan yang banyak kemaksiatan, dekat dengan masjid lebih utama untuk menjaga diri dan keimanan seseorang.

2. Lingkungan Yang Sehat

Janganlah membangun rumah di lingkungan yang kotor yang dekat dengan pembuangan sampah, dekat genangan air dan sebagainya. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman, maka wajib untuk memperhatikan kebersihan tempat tinggal, lingkungan dan diri sendiri. Sesuai dengan sabda Rasulullah,

الطّهُورُ شَطْرُ الإِيمَان

Artinya: “Kesucian adalah sebagian dari iman.”(HR. Muslim)

3. Jauh Dari Lingkungan Maksiat dan Tetangga Yang Buruk

Lingkungan yang dekat dengan maksiat atau tetangga buruk akan berpengaruh buruk untuk keluarga.

4. Membuat Rumah Dengan Banyak Kamar

Tujuan untuk membuat banyak kamar agar membantu saat ada tamu yang ingin bermalam sehingga dapat memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan.

5. Jauh Dari Hal-Hal Syirik

Ada kepercayaan bahwa memilih rumah harus memerhatikan Feng Shui. Baik dari segi lokasi, arah menghadap rumah, hingga penempatan perabotan. Padahal, selama rumah tersebut dapat menutupi aurat penghuninya, kloset tidak menghadap atau membelakangi kiblat, dan diperoleh dari harta yang halal, Insya Allah rumah tersebut baik. Dan kepercayaan lainnya.

Kepercayaan bohong itu dikembangkan oleh setan yang memiliki tugas untuk menipu manusia dan membisikkan kepercayaan jahat  dalam hati manusia. Yang seringkali dikemas dengan nama dan istilah yang berbeda-beda.

6. WC atau Toilet Tidak Menghadap atau Membelakangi Kiblat

Sebaiknya WC atau toilet tidak menghadap atau membelakangi kiblat jika terjadi khilaf diperbolehkan.

7. Rumah Dengan Kehormatan Dan Privasi

Jangan membuat rumah dengan kaca tembus pandang hingga orang luar mungkin bisa melihat isi rumah. Untuk itu jagalah rahasia dan aurat keluarga.

8. Undanglah Malaikat Rahmat

Agar malaikat rahmat berkenan masuk ke rumah, jangan memelihara anjing dan meletakkan lukisan dan patung yang menyerupai makhluk bernyawa.

Sesuai dengan sabda Rasulullah, “Malaikat Rahmat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah penjelasan mengenai rumah yang baik menurut islam. Semoga dapat menambah pengetahuan dan pelajaran pada pembaca semuanya.

Semoga Bermanfaat.

Baca Juga: Tata Cara Memotong Kuku Menurut Islam