jumlah like instagram

Sempat Dihapus, Instagram Akan Kembalikan Tampilan Jumlah Like

Teknologi

Beberapa tahun lalu, Instagram sempat menghapus tampilan jumlah like pada foto yang diunggah pengguna. Kini, tampilan tersebut akan dikembalikan seperti semula.

Dikutip dari Socialmediatoday, Selasa (19/1/2021), opsi ini ditemukan peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi. Diketahui, Instagram sedang menguji opsi baru untuk menyembunyikan atau memperlihatkan jumlah like di postingan mereka.

Fitur ini sebelumnya sempat dihapus Instagram pada 2019 lalu dengan tujuan untuk mendukung kesejahteraan audiens mereka.

Teorinya adalah dengan menghapus jumlah like pada unggahan, maka dapat mengurangi persaingan dan kesombongan yang didasarkan pada jumlah metrik. Hal itu juga bakal mengurangi perbandingan sosial dan dampak negatif lainnya.

Penghapusan fitur itu dinilai sangat penting untuk platform berbasis visual di Instagram, di mana aplikasi juga sangat populer untuk kalangan muda yang mudah terpengaruh dengan unggahan di media sosial.

Pihak Instagram sendiri belum mengungkapkan informasi lebih lanjut mengenai efektifnya jumlah like yang disembunyikan.

Namun, studi menunjukkan bahwa inisiatif tersebut dapat bermanfaat berdasarkan skenario pengujian skala kecil.

Tapi riset juga menunjukkan bahwa beberapa orang masih mau menunjukkan jumlah like mereka. Dengan jumlah tersebut, mereka akan mengetahui apakah unggahannya relevan di platform lain, seperti yang dilakukan TikTok.

Untuk itulah Instagram kembali mengembalikan fitur tampilan jumlah like ke dalam aplikasinya.

Paluzzi juga mengatakan bahwa pengguna dapat menyembunyikan jumlah like pada opsi sebelum posting ataupun sesudahnya.

Instagram juga ingin menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa menyembunyikan jumlah like pada postingan orang lain, tak hanya untuk pengguna itu sendiri.

Sumber : Suara.com