Tips Memilih Durian yang Enak

Tips Memilih Durian yang Enak Wajib Matang dan Manis

Lifestyle TipsTrik

Berikut ini cara dan tips memilih durian yang enak, matang dan manis. Mulai dari bentuk, tangkai, aroma hingga bunyinya. Inilah cara dan tips memilih durian yang matang dan manis.

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan mendapat julukan ‘raja dari segala buah’. Durian termasuk buah yang memiliki banyak penggemar karena rasa manis dan bau yang khas. Meskipun begitu, ada pula yang tidak menyukai durian karena muak dengan aromanya.

Jika Anda termasuk pecinta buah berduri ini, berikut cara dan tips memilih durian yang enak, matang dan manis dikutip dari berbagai sumber yang ada.

Cara dan Tips Memilih Durian yang Enak :

1. Bentuk

Jika Anda ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut para pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.

2. Berat

Sebagian orang berpikir, ‘Semakin berat buah durian, mungkin akan semakin banyak isinya’, dan akhirnya mereka memilih durian dengan bobot yang lebih berat saat membeli buah ini. Namun, tahukah Anda, cara memilih durian yang tepat justru adalah memilih buah yang ringan. Durian yang ringan justru menandakan buah tersebut sudah matang dan memiliki daging buah berlimpah. Sebab, semakin berat durian maka artinya bijinya yang besar, bukan dagingnya, dan semakin besar bijinya maka dagingnya semakin tipis.

3. Tangkai

Tangkai juga dapat menjadi petunjuk apakah durian sudah matang atau belum. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menandakan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Sebaliknya jika tangkainya ramping dan panjang, bisa pertanda daging durian sedikit dan tidak terlalu tebal. Selain itu, buah durian yang jatuh langsung dari pohon dipercaya mempunyai kualitas daging lebih bagus daripada yang dipetik. Durian yang dipetik dari pohon terlihat tangkainya yang halus dan menunjukkan seperti dipotong menggunakan pisau. Sementara jika tangkainya tidak rata menunjukkan buah itu jatuh alami.

Selanjutnya, jika Anda ingin membeli durian yang masih fresh, Anda juga dapat mengamati tangkainya. Jika tangkai tidak bergetah atau sudah kering maka durian sudah lama diambil dari pohon. Namun jika durian masih bergetah di bagian atasnya, artinya durian baru diambil dari pohon.

4. Bunyi

Ciri-ciri durian matang bisa diketahui ketika Anda mengetuk kulit luarnya. Jika durian sudah matang dan siap dimakan, maka bunyinya akan terdengar ‘mendem’. Sedangkan jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian tersebut masih belum matang. Selain itu, durian yang matang saat dipukul terdengar sedikit berat dan terendam seperti ‘bluk-bluk’. Sedangkan jika suaranya terdengar seperti ada rongga, maka bisa menjadi tanda bahwa durian sudah tak lagi segar.

5. Duri

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, Anda juga bisa mencermati bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja Anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

6. Aroma

Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Mencium aroma durian menjadi cara yang banyak dipakai oleh sebagian orang saat memilih durian. Karena tidak perlu membelah durian ketika ingin mengetahui kualitas buah tersebut. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Dan tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

7. Kulit

Jika Anda menginginkan durian yang rasanya pekat, pastikan untuk tidak membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Karena, ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus-menerus.

Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Jadi pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

7. Warna

Sebaiknya, abaikan warna saat akan membeli durian, karena warna tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan cokelat. Kulitnya yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut.

8. Musim

Kualitas daging pada durian juga tergantung pada musim. Durian yang dihasilkan ketika musim hujan biasanya memiliki daging buah yang tidak terlalu manis. Karena daging durian akan gagal mencapai kualitas terbaik. Untuk itu, apabila Anda ingin mendapatkan durian dengan daging yang manis dan legit, beli durian saat musim kemarau.

Nah itulah beberapa Tips Memilih Durian yang Enak. Semoga Bermanfaat.

Sumber : tribunnews.com

Baca Juga : Resep Simple Bikin Pizza Rumahan, Rasanya Seenak di Restoran