Tips Melamar Kerja

Tips Tetap Percaya Diri Saat Melamar Pekerjaan

Lifestyle TipsTrik

Memasuki dunia kerja mungkin akan jadi hal yang sedikit menegangkan, terutama bagi fresh graduate. Secara tak langsung, kamu akan merasa minder karena belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Terlebih, adanya persaingan antar kandidat yang bisa membuatmu semakin merasa tidak percaya diri. Tetapi, kamu tak perlu khawatir. Berikut  tips tetap percaya diri saat melamar pekerjaan. Simak apa aja sih tipsnya.

Tips Tetap Percaya Diri Saat Melamar Pekerjaan :

1. Tetaplah berpikir positif dan buang jauh-jauh rasa panikmu.

Dilansir mirroroflifesecrets.com, sikap positif sangat diperlukan untuk kemajuan seseorang. Jika berpikir positif, kita dapat berpandangan lebih terbuka ketika menerima kenyataan dan dapat membuat hidup kita berkembang lebih baik. Begitu pula dalam hal bersaing mencari pekerjaan, masalah percaya diri cukup signifikan efeknya dalam mencari kerja.

“Caranya supaya percaya diri, ya positive thinking. Positive thinking yang didukung sama persiapan yang matang. Jadi, kita gak boleh percaya diri tanpa ada persiapan yang matang.”

2. Terkait dengan poin sebelumnya, kamu juga perlu melakukan persiapan yang sesuai dengan requirement perusahaan

Jika ingin lebih percaya diri saat bersaing dengan kandidat lainnya, kamu harus melakukan persiapan yang sangat matang. Dari mempelajari company profile perusahaan yang dilamar, job description, hingga hal lain yang sekiranya membantu saat wawancara.

“Bagaimana cara bersiap-siapnya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Ya, disesuaikan lagi dengan kebutuhan kalian dan kebutuhan company-nya tuh apa. Kalau memang sudah menyebutkan ‘Requirement-nya ini, ini, ini,’ ya sudah, cari tahu kamu harus mempersiapkan apa gitu,”

3. Selalu terapkan mindset bahwa tak ada manusia yang lebih jelek dibanding orang lain karena tiap manusia itu unik

Setiap rekrutmen kerja pasti akan berakhir dengan diterima maupun tidak diterima. Tidak mungkin semua pelamar pada sebuah perusahaan akan diterima begitu saja. Karena itu, kamu perlu memiliki pola pikir yang baik jika nanti gagal.

“Setiap manusia itu unik. Jadi, tidak ada manusia yang lebih baik dan lebih jelek. Mungkin saja, kamu tidak diterima karena keunikanmu belum sesuai dengan perusahaan. Tetap semangat aja buat mencari perusahaan yang bisa menerima keunikanmu sendiri.”

4. Teruslah belajar dari kegagalan dengan menanyakan alasanmu tidak diterima pada HRD

Jika kamu gagal dalam interview kerja, bukan berarti kamu tak layak mendapatkan posisi tersebut. Kamu masih memiliki kesempatan untuk mengevaluasi dirimu langsung dari HRD perusahaan yang kamu lamar.

“Selain itu adalah tidak mau menyerah untuk belajar dan terus bangkit dari kegagalan. Jika memang ditolak oleh perusahaan, tanyakan penyebab ditolaknya kenapa.”

Dengan menanyakan penyebabmu ditolak, kamu bisa menjadikannya sebuah pengalaman baru. Kamu bisa mencari tahu soft skill dan hard skill apa yang bisa dikembangkan darimu. Dengan begitu, pada sesi wawancara selanjutnya, kamu bisa memberikan versi dirimu yang lebih baik lagi.

5. Terakhir, jangan trauma untuk melamar kerja lagi karena kamu sudah tahu apa yang perlu diperbaiki

Dari poin sebelumnya, kamu pasti sudah tahu dong apa yang bisa diperbaiki dan dikembangkan lagi darimu? Jika sudah menerapkannya, maka melangkahlah dengan yakin ke setiap momen melamar kerja. Jangan takut untuk melamar lagi! Jadikan kegagalanmu sebagai pengalaman yang memperkaya dirimu.

“Setelah itu, coba perbaiki diri dan coba untuk melamar pekerjaan lagi. Semoga ada jalan dan bisa segera mendapat pekerjaan, ya. Good luck!”

Nah, itu tadi cara tetap percaya diri saat bersaing mencari pekerjaan. Jadi, jangan khawatir lagi apabila kamu melihat sainganmu lebih pintar atau menarik ya! Sebab, hanya HRD yang bisa menentukan seseorang diterima bekerja atau tidak. Semangat!

Semoga Bermanfaat.

Sumber : idntimes.com

Baca Juga : Kebiasaan Praktis untuk Menjaga Kesehatan Otak selama Bekerja di Rumah